Sukses

[Resolusi 2014] Bangkitnya Indonesia dari Keterpurukan

Apa resolusimu di 2014? Simak artikel berikut kiriman Mohamad Akbar Aziz dalam Menulis Bertopik: Resolusi 2014.

Citizen6, Sleman: Indonesia merupakan bagian dari beberapa negara yang memiliki tingkat kesuburan hasil alam yang sangat berlimpah, sawah ladang terhempas luas dan samudera biru, kualitas padi yang baik sampai hasil laut yang cukup tinggi, sepertinya bisa menopang kemakmuran rakyat Indonesia dengan mengekspor hasil tersebut. Entah sampai kapan Indonesia masih mengandalkan sektor impor mulai dari beras sebagai pangan lokal maupun bahan pangan lainnya. Begitu pun dengan ikan dan bahan yang akan dijadikan pakaian. Apalah arti Indonesia yang subur ini, bahkan kesuburan itu semakin lama semakin terpuruk. Sawah ditimbun dengan dijadikan perumahan-perumahan minimalis, hutan digunduli untuk diambil hasilnya, karang laut diledakan serta komoditas ikan laut yang sangat menipis.

Apalah jadinya jika Indonesia masih seperti ini, di sisi lain menyambut awal tahun 2014 dengan adanya program kesejahteraan dari Pemerintah berupa BPJS yang akan diluncurkan pada tanggal 1 Januari 2014 khususnya bagi keluarga kurang mampu. Regulasi Pemerintah sangat baik, entah sistemnya seperti apa dan bagaimana dengan anggaran seribu sekian triliun yang akan dialokasikan kepada daerah-daerah di seluruh Indonesia. Sebuah kutipan yang sampai sekarang saya simpan dengan baik adalah kutipan dari Menteri Keuangan pada Kabinet Sjahrir III, ialah Sjafruddin, beliau berkata "Bukan kesadaran yang menentukan keadaan, tetapi keadaanlah yang menentukan kesadaran".

Kata-kata tersebut apabila diaplikasikan dalam bentuk nyata akan menjadikan Indonesia menjadi sebuah negara yang berevolusi. Sempitnya lahan pertanian membuat masyarkat kampung Wonolelo kaki gunung Merbabu menjadikan kaki gunung Merbabu sebagai ladang. Industri merupakan sektor terbesar milik asing yang banyak beredar di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Industrilisasi yang semakin beredar membuat rakyat Indonesia semakin terpuruk, kaum proletar yang meningkat dengan upah yang tidak sebanding dengan pekerjaannya sampai-sampai apa yang telah dilakukan untuk membuat suatu merek pakainan ataupun sepatu mereka tidak dapat menikmatinya.

Saya bingung dengan Indonesia yang sekarang ini, apakah ideologi Pancasila itu masih ada? Dengan butir-butir yang bagus namun aplikasinya belum real ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Andai kata semua sektor itu dikuasai Indonesia, pasti Indonesia akan sejahtera? Belum tentu semua akan sejahtera. Tata kelola kesejahteraan Indonesia itu ada di tengan masyarakat Indonesia sendiri dan para pejabat yang mempunyai legitimasi yang kuat.

Tinggal kejururan dan keterbukaan yang akan membawa Indonesia menjadi lebih baik di tahun 2014 dan seterusnya. Salam semangat kepada Presiden dan jajaran Menteri yang akan menjalankannya, hasil kerja kalian sangat berarti bagi kita. (bnu)

Penulis:
Mohamad Akbar Aziz
Sleman, mohamadakbarxxx@gmail.com.

Baca Juga:
[Resolusi 2014] Mengubah Dunia Berawal dari Diri
[Resolusi 2014] Menjadi Mahasiswa Berprestasi
[Resolusi 2014] Semangat Baru Menjadi Pengusaha Sukses

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini