Sukses

[VIDEO] Libur Natal, Penumpang Pesawat dan Kereta Membludak

Penumpang pesawat melalui Bandara Juanda, Surabaya sejak Sabtu pagi kemarin sudah mulai menunjukkan peningkatan.

Memasuki masa liburan sekolah, arus penumpang pesawat melalui Bandara Juanda, Surabaya sejak Sabtu pagi kemarin sudah mulai menunjukkan peningkatan. Sedangkan di Lampung, tiket kereta api jurusan Bandar Lampung-Palembang tersisa 20 persen saja.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (21/12/2013) memasuki musim libur sekolah, Natal, dan tahun baru, suasana terminal keberangkatan domestik Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur sejak Sabtu pagi mulai ramai seiring peningkatan jumlah calon penumpang. Sejumlah calon penumpang tampak berusaha antre mendapatkan tiket di loket tiket pesawat, sementara ruang tunggu bandara dipenuhi oleh calon penumpang.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura 1 Surabaya, sejak Sabtu pagi sudah menunjukkan peningkatan penumpang hingga 40 persen dibanding hari biasa. Peningkatan ini rata-rata didominasi untuk rute penerbangan ramai, seperti Surabaya-Jakarta, Surabaya-Mataram, dan Surabaya-Makassar. Bahkan akibat peningkatan arus penumpang, sejumlah loket terpaksa tutup akibat kehabisan tiket.

Sementara di Lampung, kepadatan penumpang di musim liburan juga terlihat di stasiun kereta api Tanjung Karang, Bandar Lampung. 80 persen tiket telah dibeli calon penumpang kereta  jurusan Tanjung Karang-Kertapati. Untuk liburan, Natal, dan tahun baru ini tak ada kenaikan harga tiket kereta api. Tiket termurah adalah Rp 65 ribu untuk ekonomi AC dan termahal Rp 170 ribu untuk eksekutif.

Bahkan calon penumpang, untuk mengantisipasi kehabisan tiket, warga memesan tiket jauh-jauh hari dengan mengunakan sistem online melalui internet. Bagi penumpang yang ingin bepergian dengan jarak tertentu, PT KAI akan menyiapkan kereta Seminung dan kereta Tapis yang melayani rute Tanjung Karang-Kota Bumi. (Edo/Mvi)
 












* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.