Sukses

Mabuk di Rusia, Jenderal AS Dipecat

Mayor Jenderal Carey dilaporkan mabuk berat dan melakukan pertemuan dengan beberapa wanita.

Jenderal Angkatan Udara Amerika Serikat (AS), Mayjen Michael Carey, dipecat karena melakukan tindakan yang tidak pantas ketika melakukan lawatan resmi ke Rusia. Sang Jenderal diketahui mabuk-mabukan.

Dalam laporan yang mengutip dokumen pemerintah AS, disebutkan, selama kunjungan di Moskow pada Juli 2013 tersebut, Mayor Jenderal Carey mabuk berat dan melakukan pertemuan dengan beberapa wanita.

"Mayjen Carey mengonsumsi minuman beralkohol yang telah berdampak pada perilakunya di Rusia. Dia juga melakukan hal tidak pantas lantaran memilih menghabiskan waktu dengan wanita asing," demikian laporan yang didapat dari hasil wawancara dengan anggota militer AS di Rusia, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/12/2013).

Masih dalam laporan itu, yang bertanggung jawab atas rudal jarak jauh juga disebutkan berbicara keras saat sedang mabuk dan membahas soal bagaimana posisinya di Angkatan Udara AS. "Dia mengatakan bahwa hanya dirinya satu-satunya orang yang menyelamatkan dunia dari perang."

Jenderal Carey mengaku tidak mengingat sama sekali atas kejadian tersebut. Laporan menyebutkan jenderal berbintang 2 itu hanya sedikit berbicara dalam memberikan keterangannya atas laporan tersebut.

Pemberhentian Jenderal Carey dilakukan hanya beberapa hari setelah Angkatan Laut Amerika memecat seorang perwira tinggi yang membawahi logistik nuklir. Ia dipecat karena kasus perjudian ilegal.

Ini bukan kasus pemecatan atau rotasi jabatan pertama terhadap para perwira atau unit nuklir di tubuh militer AS. Pada Agustus 2013 lalu, unit rudal nuklir di pangkalan Angkatan Udara di Malstrom, di Montana, dinyatakan gagal memenuhi standar saat diperiksa. Kemudian seorang perwira senior diberhentikan.

Pada bulan Mei 2013, dilaporkan 17 perwira yang bertanggung jawab merawat rudal nuklir dipindahkan karena melanggar aturan keselamatan di pangkalan Angkatan Udara di Minot, North Dakota. (Riz/Mut)

Baca juga:
Canggih! Teknologi Militer AS Ubah Tentara Jadi `Iron Man`
Militer Venezuela Tembak 2 Pesawat Pengangkut Narkotika
Heboh Iklan Tentara AS Memeluk Perempuan Muslim Bercadar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini