Sukses

Gudeg Yu Djum, Kenikmatan Kuliner Khas Yogya

Yogyakarta identik dengan wisata kulinernya yaitu gudeg. Salah satu penjual gudeg yang cukup populer di Yogyakarta adalah gudeg Yu Djum.

Citizen6, Yogyakarta: Yogyakarta identik dengan wisata kulinernya yang biasa disebut gudeg. Ya, saat Anda berkunjung ke Yogyakarta pastilah kerap menemui penjual gudeg baik yang di dalam toko ataupun yang berada di sepanjang jalan. Saat liburan ke kota ini Anda dapat mencicipi gudeg di tiga sentra utama, antara lain gudeg Wijilan, gudeg Mbarek dan gudeg Manggar yang ada di daerah Bantul.

Gudeg merupakan kuliner yang dapat dinikmati kapan pun. Cocok untuk acara formal maupun santai. Di sini Anda dapat menjumpai banyak pedagang gudeg yang berjualan di pinggir-pinggir jalan pada pagi  hari. Uniknya, walaupun ada banyak pedagang gudeg, namun bisa dipastikan tidak ada satupun gudeg kaki lima itu yang sepi pengunjung.

Karena banyaknya penjual gudeg, mungkin Anda pun menjadi bingung, gudeg mana yang harus Anda coba. Salah satu penjual gudeg yang cukup populer di Yogyakarta adalah gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum dapat Anda kunjungi di beberapa tempat. Yakni di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22, Jalan Kaliurang Km 5 Koncoran Gg Srikaton 2, Wijilan no. 31 Jalan Laksda Adisucipto, dan juga sebelum perempatan Ring Road Utara Maguwoharjo. Gudeg Yu Djum sangat terkenal karena kenikmatannya. Dimasak dengan menggunakan kayu bakar, inilah salah satu rahasia mengapa gudeg Yu Djum lezat.

Mereka menyediakan gudeg kering, yakni gudeg yang disajikan dengan areh kental. Satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi, gudeg plus areh kental, sambal krecek dan lauk. Lauknya bervariasi tergantung keinginan Anda. Ada telur rebus yang sudah dibumbui sehingga rasanya manis, tahu, tempe, suwiran daging ayam, ampela ati, potongan bagian tubuh ayam seperti kepala, dada, paha atas, dan sebagainya. Harga satu porsi  gudeg dan lauknya berkisar dari Rp 8 ribu sampai Rp 30 ribu.

Selain bisa dinikmati di tempat, gudeg Yu Djum juga dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk pengemasan, Anda dapat memilih dengan besek atau pun menggunakan kendil. Untuk satu paket gudeg besek, harganya mulai dari Rp 35 ribu. Sedangkan untuk satu paket gudeg kendil, harganya berkisar Rp 90 ribu sampai Rp 180 ribu.

Nah, jadi bagi Anda yang sedang berlibur di Yogya, cobalah wisata kuliner khas Yogya ini. Jangan ngaku ke Yogya kalau belum mencoba kenikmatan gudeg yang satu ini. (mar)

Penulis
Petrus Teguh Kurniawan
Yogyakarta, empirestalkxxx@gmail.com

Baca juga:
Es Rumpi untuk yang Doyan 'Ngerumpi'
Ke Banyumas? Jangan Lupa Cicipi Soto Ini!
Sensasi Pedas Nasi Goreng `Janc*k` Surabaya


Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini