Sukses

Curah Hujan Tinggi, Talud SD di Pacitan Alami Longsor

Akibat terjadi hujan terus menerus, SD Kasihan II di Kecamatan Tegalombo, Pacitan, Jawa Timur harus mengalami longsor akibat tanah longsor.

Citizen6, Pacitan: Curah hujan yang tinggi di hampir semua titik di wilayah Pacitan masih terus terjadi. Dari pantauan, curah hujan meninggi, dan di beberapa dataran tinggi mengalami kabut tebal menyelimuti kawasn pegunungan di Pacitan. Akibat terjadi hujan terus menerus, sebuah Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Tegalombo, Pacitan, Jawa Timur harus mengalami longsor akibat talud tak bisa menahan laju tanah.

SDN Kasihan II terkena dampak curah hujan yang tinggi dibeberapa waktu ini. SD yang terletak di jalur utama Tegalombo-Tulakan ini mengalami longsor dibagian halaman utama sekolah,sehingga menyebabkan beberapa tanaman dan pagar bambu di sekolah tersebut ikut terbawa tanah longsor, dilaporkan tak ada korban dalam tanah longsor ini, namun diperkirakan pihak sekolah mengalami kerugian jutaan rupiah.

"Selain curah hujan yang tinggi, talud penyangga di halaman sekolah kami diprediksi kurang kuat, sehingga daya cengkeram terhadap tanah dibagian dalam pun kurang dan akibatnya tanah mengalami longsor," kata Susianto, Kepala SDN Kasihan II, Jumat (20/12/2013).

Lebih lanjut Susianto menyatakan pihaknya sudah melakukan aksi cepat tanggap dengan segera memberitahukan perihal kejadian longsor talud sekolah ini kepada pihak pengembang dan Dinas terkait.

"Sudah kami sampaikan ke dinas untuk segera ditangani, dan untung saja sebentar lagi akan libur panjang sehingga siswa tak merasa terganggu dengan longsor talud sekolah ini," tandasnya.

Tercatat, SD Kasihan II ini juga pernah mengalami longsor talud yang mengakibatkan satu bangunan kelas ambruk beberapa waktu lalu, sehingga terpaksa bangunan kelas ini dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

"Kendalanya sama, tanah labil ditambah talud yang kurang kuat. Namun kita sudah pindahkan bangunan kelas dibagian barat yang lebih aman," pungkasnya. (mar)

Penulis
Dwi Purnawan (Twitter: @dwi_itudua)
Pacitan, dwipacitanixxx@gmail.com


Baca juga:

Persiapan Seadanya, SDN 2 Legok Nekat Ikut Lomba Perpustakaan
Gerakan Indonesia Mengajar: Jadilah Teman Belajar Siswa di 126 SD
Siswa SD Negeri 3 Curug Belajar Dalam `Gudang`

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini