Sukses

Jokowi Yakin Jakarta Aman Saat Natal dan Tahun Baru

Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengatakan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait keamanan di ibukota, terutama saat Natal.

Apel pengamanan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, diikuti ribuan personel gabungan dari Polri dan TNI. Operasi dengan sandi Lilin 2013 itu akan digelar selama 10 hari mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2014.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait keamanan di ibukota, terutama saat Natal dan akhir tahun.

"Kalau lihat apel saat ini sudah siap. Jadi tidak perlu khawatirkan lagi," ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu di kawasan Monas, Jumat (20/12/2013).

Setidaknya ada 144 ribu personel gabungan yang akan disiagakan untuk pengamanan di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta. Petugas tersebut terdiri dari 92 ribu anggota Polri, 16 ribu TNI, dan 35 ribu dari instansi terkait serta masyarakat. Personel gabungan itu akan ditempatkan di 1.962 pos kemanan dan 620 pos pelayanan yang tersebar di Indonesia.

Khusus di Jakarta, Jokowi memastikan Satpol PP juga akan diterjunkan untuk membantu pengamanan. Namun, peran Satpol PP hanya membantu tugas TNI dan Polri untuk mengamankan terutama saat momen Natal dan malam pergantian tahun.

"Kan sudah ada Polri yang didukung oleh TNI, itu sudah sangat kuat. Satpol PP ada, tapi perannya kecil," ujar mantan walikota Surakarta itu. (Mut)

Baca juga:
Amankan Natal, Kapolri Gandeng TNI, Bulog, BMKG, Basarnas
Polda Metro Jaya: Seluruh Gereja Rawan, 162 Pos Disiapkan
Kapolri: Ada Ancaman Bom Ibadah Natal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Terorisme

  • Natal

Video Terkini