Sukses

Survei: 46,9% Pemilih Ikut Pemilu Tanpa Bayaran

Berdasarkan survei Polling Center, 46,9% responden akan memilih calon legislatif berdasarkan hati nurani.

Partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pemilu 2014 diperkirakan meningkat. Berdasarkan survei Polling Center, 46,9% responden akan memilih calon legislatif berdasarkan hati nurani.

"46,9% responden akan memilih calon berdasarkan hati nurani mereka dan bukan karena uang atau hadiah yang diberikan," kata Manager Research Polling Center Heny Susilowati di Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2013).

Selain itu, responden yang berpendapat tidak akan memilih calon manapun yang berusaha untuk membeli suara mereka sebanyak 25,6%. Sementara persentase yang menunjukkan responden akan memberikan suara jika diberi imbalan berupa uang atau hadiah cenderung kecil, perolehannya hanya sekitar 14,5%.

"Ini menunjukkan bahwa respons pemilih untuk memilih dengan jujur tanpa adanya imbalan hadiah harus diapresiasi. Mereka cenderung lebih memilih dengan pilihannya," jelas Heny.

Suvei dari lembaga Polling Center dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel acak sebanyak 2.760 responden yang mempunyai hak pilih. Margin of error plus minus 4,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei tersebut diadakan di 6 provinsi yaitu Aceh, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan pada 17 hingga 26 September 2013. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini