Sukses

[Resolusi 2014] Menjadi Mahasiswa yang Sukses Berbisnis

Apa resolusimu di 2014? Simak Resolusi mahasiswa Undip yang satu ini dalam Menulis Bertopik: Resolusi 2014.

Citizen6, Semarang: Sebagai seorang mahasiswa kita dituntut untuk dapat mengikuti perkuliahan dengan baik hingga menghasilkan IP yang tinggi. Namun, untuk dapat menjadi seorang yang sukses rasanya tak cukup jika hanya mengandalkan kedua hal tersebut saja. Kemandirian dan pemikiran yang berorientasi masa depan merupakan dua hal penting yang harus dibangun guna memuluskan jalan kita sebelum terjun di masyarakat. Pertanyaannya adalah bagaimana cara kita untuk membangun kedua hal di atas? Jawabannya cukup sederhana yaitu dengan menggali potensi dan bakat yang kita miliki serta mengembangkannya. Tak lupa pula harus diikuti dengan usaha yang nyata serta kemauan yang keras.

Sebagai seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang, saya mendapatkan jadwal perkuliahan yang tidak terlalu padat. Banyaknya waktu senggang serta kebosanan yang melanda ketika hanya berdiam di kos memotivasi saya untuk mencari kegiatan yang bermanfaat dan menguntungkan bagi saya. Cara yang saya pakai untuk mendapatkan kegiatan yang pas dengan saya ialah dengan menggali dan memanfaatkan bakat yang saya miliki. Hal ini saya lakukan agar saya dapat menjalani kegiatan tersebut dengan semaksimal mungkin. Di tahun 2014 prioritas utama dari resolusi saya ialah lebih mematangkan lagi kemampuan berbicara yang saya miliki guna menunjang keinginan saya menjadi seorang MC professional. 

Menjadi seorang MC di suatu acara, penyiar radio, ataupun presenter di televisi membutuhkan kecakapan dan skill sehingga kita dapat membawakan satu acara dengan baik. Oleh karena itu saya telah mempersiapkan hal tersebut salah satunya dengan mengikuti kelas Public Speaking i_speakproject yang diadakan oleh Infra, Mahasiswi Terbaik Fisip Undip 2012. Selain itu yang akan saya lakukan adalah memperbanyak relasi dan kenalan sehingga orang orang dapat memakai jasa saya dalam acaranya.

Selain itu saya juga memiliki resolusi lainnya untuk tahun 2014 yaitu ingin membangun sebuah usaha pisang gapit. Hal ini saya rencanakan karena sudah saatnya saya harus menabung untuk keperluan di masa depan. Tak mungkin saya hanya bergantung pada orang tua saja karena kita tak akan tau sampai kapan orang tua kita akan mendampingi kita. Oleh karena ada baiknya kita berjaga-jaga sekaligus menabung dan melatih kemandirian.

Trik trik berbisnis yang baik telah saya pelajari sebelumnya melalui orang tua saya yang merupakan seorang pemilik studio foto di Samarinda. Selain itu saya juga menambah pengalaman berbisnis dengan bekerja sama membantu bisnis teman sebelum akhirnya membuka usaha sendiri di tahun 2014 mendatang. Bekerjasama membantu bisnis teman ini juga memiliki tujuan untuk menabung modal membuka usaha di tahun 2014. Saya berharap dapat membuka outlet sendiri dan mengikuti jejak pengusaha muda yang sukses. Semoga kedua resolusi saya tersebut dapat terwujud di tahun 2014 mendatang. (bnu)

Penulis:
Ahmad Maulana
Semarang, mfraxxx@yahoo.co.id

Baca Juga:
[Resolusi 2014] Memenangkan Semua Festival Kreatif
[Resolusi 2014] Pemuda Jangan Golput!
[Resolusi 2014] Membangunkan Mimpi Terindah untuk Buah Hatiku

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.