Sukses

Pecinta Kuliner Harus Perhatikan 6 Hal Ini

Semua yang berhubungan dengan makanan pasti menggiurkan. Apalagi jika menikmati makanan dalam suatu wisata kuliner, sensasinya pasti beda.

Citizen6, Jakarta: Semua yang berhubungan dengan makanan pasti menggiurkan. Apalagi jika menikmati makanan dalam suatu wisata kuliner, sensasinya pasti lebih menyenangkan. 

Wisata kuliner berarti kita melakukan kegiatan menyenangkan melibatkan aneka jenis makanan. Kita bisa mencicipi aneka makanan yang menggugah selera. Namun dalam wisata kuliner, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar nikmatnya berwisata kuliner tidak merugikan kita juga. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan wisata kuliner diantaranya adalah :

1.    Hindari Alergi
Pastikan bahwa anda tidak alergi terhadap makanan tertentu. Jangan sampai alergi merusak acara berkuliner anda. Jika kalian alergi pada sesuatu, seafood misalnya, ajak teman / keluarga anda pergi ke tempat lain yang tidak menyajikan berbagai hidangan seafood. Beri pengertian kepada mereka bahwa anda alergi terhadap kuliner tersebut.

2.    Cari Referensi tentang tempat kuliner
Jangan lupa sebelum anda menentukan tempat tujuan, cari dulu referensi dari berbagai sumber. Bisa dari internet, tanya kepada orang yang sudah tahu tentang kuliner, Selain untuk mengetahui seluk beluk makanan tersebut, kita juga dapat mengetahui lokasi, cara memasak/ penyajian, harga dan rasa.

3.    Lokasi Pas, Nyaman, dan Bersih
Pilih lokasi yang strategi, nyaman, dan bersih. Lokasi yang strategis bisa dari keamanan area lokasi tersebut, perhatikan lingkungan sekitar. Selain itu faktor kenyamanan juga sangat penting karena dengan kenyamanan suatu tempat, kita akan menikmati makanan dengan sensasi yang berbeda tentunya.

Biasanya membuat kita lebih tergoda untuk menikmati makanan. Faktor bersih juga sangat penting, jika suatu area kuliner bersih, biasanya terjamin juga kebersihan dalam proses pembuatan makanannya, jadi kita tak perlu khawatir lagi soal penyebaran penyakit melalui makanan.

4.    Penentuan Harga
Penentuan harga untuk wisata kuliner juga sangat penting untuk ditetapkan oleh kita. Apakah kita akan makan mewah atau wisata kuliner pinggir jalan. Tentu keduanya mempunyai sensasi yang berbeda. 

5.    Ramai
Kita bisa menilai tempat makan dari ramai atau tidaknya pengunjung. Kemungkinannya hanya tiga, karena rasanya yang enak, pelayanannya yang menyenangkan atau karena harganya yang murah. Dan, ketiganya sama-sama menguntungkan untuk wisatawan kuliner. Karena pasti ketiga hal tersebut menyebar cepat tidak hanya lewat iklan tapi kampanye mulut ke mulut.

6.    Variasi Menu
Variasi menu dalam wisata kuliner memang sangat diperlukan, kita sebagai pecinta kuliner seharusnya mencoba menu yang belum pernah kita coba. Hal itu bisa menambah pengalaman kita soal berkuliner, serta kita dapat menambah daftar menu kuliner favorit kita.

Wisata kuliner merupakan kepuasan tersendiri bagi para penggemar makanan. Semoga dengan mempertimbangkan hal-hal diatas, wisata kuliner anda akan lebih berkesan dan lebih menyenangkan. (kw)

Penulis
Darryl Valerian Pramudita
Semarang, darrylvXXX@gmail.com

Baca Juga:
Ini 'Rumput' Paling Enak dari Semarang
Menikmati Nasi Pecel 'Perjuangan' di Bawah Tenda
Pisang Bakar ala Mbah Di Makin Eksis Sejak 1963

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini