Sukses

Survei: Tak Ada Pimpinan Lembaga Tinggi Negara Layak Jadi Capres

Pendapat seperti itu dikemukakan oleh 73,60 persen responden survei Reform Institute.

Jajak pendapat Reform Institute menunjukkan tidak ada pimpinan lembaga tinggi negara yang dianggap layak menjadi calon presiden pada Pemilu 2014. Pendapat seperti itu dikemukakan oleh 73,60 persen responden survei Reform Institute.

"Angka sebesar itu menunjukkan bahwa para pemimpin lembaga tinggi negara tak layak maju sebagai capres pada pemilu mendatang," kata peneliti Reform Institute Zaim Saidi saat memaparkan hasil survei di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (18/12/2013).

Zaim mengatakan survei itu menunjukkan hanya 5 pemimpin lembaga tinggi negara yang dinilai layak menjadi capres. Mereka yakni Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua BPK Hadi Purnomo, dan Ketua MA Hatta Ali (Ketua MA). Meski demikian, perolehan suara mereka dalam survei itu tak terlalu besar.

"Marzuki Alie hanya mendapat 13,73 persen. Sementara yang lainnya hanya mendapat perolehan suara responden kurang dari 10 persen. Ini menunjukan bahwa masyarakat tak begitu mempercayai kelayakan pemimpin lembaga tinggi negara maju sebagai capres," tambah Zaim.

Survei yang Reform Institute ini dilakukan pada tanggal 4 hingga 25 November 2013 dengan jumlah sampel 1500 responden. Margin of error 3,53, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan secara tatap muka. Pemilihaan sampel menggunakan metode multi stage random sampling. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.