Sukses

Foto Kekerasan Ospek ITN Malang Kembali Beredar

Sejumlah foto yang diduga kegiatan Kemah Bakti Desa (KBD) Jurusan Planologi ITN Malang kembali beredar di dunia maya.

Sejumlah foto yang diduga kegiatan Kemah Bakti Desa (KBD) Jurusan Planologi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kembali beredar di dunia maya. Foto yang diposting di forum dunia maya, menggambarkan berbagai kegiatan selama 9–12 Oktober di Kawasan Pantai Goa Cina Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Berdasarkan metadata foto tersebut, ada foto yang diambil pada 9 Oktober sekitar pukul 16.56 WIB. Ada pula yang diambil pada 12 Oktober sekitar pukul 02.42 dini hari. Jumlah seluruh foto yang diunggah ke dunia maya itu mencapai 25 frame.

Foto tersebut menggambarkan berbagai kegiatan para mahasiswa. Dalam salah satu gambar terlihat seorang mahasiswa baru tengkurap di pasir sementara seorang panitia menginjak kepalanya. Ada juga gambar seorang panitia menendang ke arah sejumlah mahasiswa baru yang melingkar dengan bertelanjang dada.

Sementara itu, salah seorang alumni ITN Malang, Cahyono, menyesalkan tindak kekerasan yang menyebabkan hilangnya nyawa mahasiswa baru Fikri Dolasmantya Surya.

"Rektor dan kepala jurusan planologi harus bertanggungjawab atas kejadian itu," kata Cahyono, angkatan 1988 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri ITN Malang, Rabu (18/12/2013).

Ia mengakui kegiatan KBD itu sudah ada sejak masanya kuliah. Namun selama itu tak pernah ada kegiatan yang menjurus kekerasan. "Pada masa saya, semua dilakukan dengan kontrol dosen. Tapi melihat kasus Fikri ini dan berdasarkan foto-foto itu, seolah di luar kendali," ujar Cahyono.

Menurutnya, Rektor dan Kepala Jurusan Planologi harus transparan dan berani mempertanggungjawabkan atas terjadinya peristiwa itu. Bila perlu, Rektor ITN Malang mundur dari jabatannya. Kepolisian juga didesak mengusut tuntas kejadian ini. Lantaran ada nyawa yang dihilangkan dalam kegiatan KBD tersebut. (Mvi/Yus)

Baca juga:
Detik-detik Ospek Maut Renggut Nyawa Mahasiswa ITN Malang
Peserta `Ospek Maut` ITN: Saya Diludahi dan Makan Rumput
Ospek Maut ITN, Mendikbud: Izin Kampus Bisa Dicabut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini