Sukses

Museum Batik Pekalongan Punya Koleksi Baju SBY

Hampir setiap sudut Kota Pekalongan terdapat toko-toko yang menjual pakaian batik khas Pekalongan.

Citizen6, Pekalongan: Nama Pekalongan sangat identik dengan kain batiknya. Hampir setiap sudut Kota Pekalongan terdapat toko-toko yang menjual pakaian batik khas Pekalongan. Selain terdapat pusat-pusat penjualan batik, kota ini juga memiliki museum batik yang terdapat di daerah Jetayu, sekitar 2 km dari pusat Kota Pekalongan.

Di dalam museum ini terdapat  tiga ruang pameran. Ruang pameran pertama berisi bahan dan alat-alat untuk membatik, misalnya canting, malam, kain, dan masih banyak lagi. Ruang pameran kedua berisi koleksi batik dari berbagai macam daerah di Indonesia, mulai dari batik Pekalongan, Solo, Jogja, Indramayu hingga batik dari pulau Sumatra. Untuk ruang pameran ketiga terdapat koleksi pakaian batik dari orang-orang penting di Indonesia.

Di ruangan ketiga ini, kita dapat melihat wujud langsung dari pakaian-pakaian batik milik orang-orang penting di Indonesia. Misalnya pakaian batik bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya, bapak Boediono dan istrinya bahkan baju batik dari almarhum ibu Ainun Habibie juga di pamerkan di dalam museum ini.

Banyak juga koleksi pakaian batik dari pemberian menteri-menteri di Indonesia yang pernah menjabat. Tetapi karena ruang pameran yang terbatas seluruh koleksi pakaian batik orang-orang ternama di Indonesia tersebut tidak dapat di tampilkan seluruhnya.

Dengan banyaknya informasi tentang batik yang terdapat di dalamnya, museum ini dapat di jadikan salah satu pilihan wisata jika Anda berkibur ke Kota Pekalongan. (mar)

Penulis
Indra Adi Anggoro
Pekalongan, indraadi_anggxxx@yahoo.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.