Sukses

5 Flyover dan Underpass di Perlintasan Kereta DKI Segera Dibangun

Proyek tersebut akan dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum DKI. Di antaranya di Jl Madiun, Jl Kartini, Permata Hijau, Bintaro, dan Ulujami.

Pemprov DKI akan membangun 5 perlintasan sebidang kereta api berbentuk flyover atau underpass pada tahun depan. Jumlah tersebut bertambah 1, setelah sebelumnya disebutkan berjumlah 4.

Proyek ini akan dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI. Di antaranya di Jl Madiun, Jl Kartini, Permata Hijau, Bintaro, dan Ulujami. Tiga di antaranya berupa flyover.

"Untuk pembangunan flyover akan dilakukan di perlintasan KA Bintaro, Permata Hijau, dan Kartini," kata Kepala Bidang Program dan Pembiayaan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Wahyu Wijayanto di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Dinas PU memprediksi pembangunan itu memakan waktu sekitar 10 bulan. Anggaran yang dialokasikan untuk setiap flyover maupun underpass berkisar Rp 25 miliar-Rp 30 miliar.

Perlintasan Bintaro merupakan proyek yang pertama kali dikerjakan yaitu pada awal 2014. Sebab, di lokasi itu berulangkali terjadi kecelakaan dan lalu lintas perlintasan yang diketahui sangat padat.

Pemenang tender terlebih dulu merancang struktur perlintasan kemudian langsung melaksanakan pembangunan. Konsep itu disebut rancang bangun.

"Yang membuat perencanaan teknis langsung dilakukan oleh calon pelaksana program, bukan konsultan khusus dari Dinas PU," kata Wahyu. (Yus/Ism)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini