Sukses

Daftar Lengkap Tempat Belanja Durian di Medan

Medan dikenal dengan istananya durian. Simak artikel kiriman Yeremi Gamaliel Sihombing dari Medan, tentang durian medan.

Citizen6, Medan: Durian, buah Asia yang khas dengan tekstur dan baunya ini, disebut-sebut sebagai rajanya buah. Dan jika durian adalah raja, maka Medan menjadi istananya. Medan dikenal dengan duriannya yang mantap. Berbeda dari durian montong atau pun durian bangkok, durian medan banyak dicari oleh pelancong atau dijadikan buah tangan. Jika sedang musimnya, akan banyak lapak penjual durian di segala penjuru kota Medan. Tetapi ada beberapa spot paling terkenal di Medan yang tidak kenal waktu dan kualitas buahnya terjamin.

Salah satunya adalah Ucok Durian. Bermula dari lapak kecil sederhana yang buka di daerah Pringgan, duriannya yang berkualitas laku keras. Ucok, sang pemilik akhirnya membuka lapak baru berkonsep rumah makan di area Jalan Gajah Mada Medan. Tidak perlu khawatir dengan rasa, pembeli dapat memesan durian sesuai dengan keinginan. Jika ingin durian yang berbuah manis, sedikit pahit, atau pun yang pahit bisa langsung memesan kepada Ucok yang langsung turun tangan dalam memilih durian. Ucok Durian ini buka 24 jam dan selalu ramai setiap hari.

Bila Anda ingin durian yang berwarna kuning pekat dan tebal buahnya, silahkan datang ke area Jalan Sumatera. Kawasan yang didominasi masyarakat Tionghoa ini, menawarkan lapak durian pinggir jalan yang kualitasnya tidak kalah bagus. Bibit durian medan yang sudah memiliki percampuran dengan durian montong di sini, menghasilkan tampilan yang menggugah selera dan rasa yang 'nendang'. Buka setiap hari, dari sore sampai dengan pagi.

Anda orang yang ekonomis tapi mengutamakan kualitas? Silahkan datang ke area Jalan Bakti Pasar Merah, Medan. Di daerah ini terdapat jajaran lapak penjual durian dengan harga yang lebih murah dari tempat lainnya. Jangan salah kaprah, rasa duriannya tetaplah mantap dan jika mendapat durian yang kualitasnya kurang bagus, anda diperkenankan meminta gantinya. Durian yang dijual di sini berasal dari Sidikalang. Ciri khas duriannya adalah buahnya yang kecil dan kulitnya berwarna hijau serta tidak terlalu tajam. Buka setiap hari, mulai dari siang hingga malam.

Anda bukan pemakan durian, tapi ingin menjadikannya buah tangan untuk kerabat? Yang sedang tren adalah pancake dan pie durian. Toko pertama yang menawarkan durian yang sudah diolah ini ialah Durian House di Jalan Sekip, Medan. Durian House menggunakan durian pilihan sehingga cita rasa durian dalam tiap olahannya tidak hilang meski bercampur dengan bahan lain. Pancake durian menjadi pesanan nomor satu di toko ini.

Campuran kulit pancake, krim, dan tentu saja daging 'si raja buah', menjadi perpaduan yang sangat pas. Kemasannya yang praktis dibawa dan tahan 48 jam, menjadikannya oleh-oleh yang banyak digemari orang-orang. Sedangkan pie durian, dapat menjadi alternatif oleh-oleh jika dalam perjalanan jauh yang memakan waktu. Pie durian ini bisa tahan selama seminggu dan tetap mengutamakan cita rasa duriannya. Di Durian House ini juga terdapat banyak lagi olahan makanan dengan durian seperti kue sus, roti isi durian, dadar gulung dan sebagainya.

Nah, sudah ada berbagai macam pilihan durian asli dari Medan. Tinggal ikuti selera Anda saja. Kira-kira, mana yang paling membuat Anda tertarik? (bnu/*)

Penulis
Yeremi Gamaliel Sihombing
Medan, yeremigamalxxx@gmail.com.

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.