Sukses

Masih `Nggak` Bangga dengan Indonesia?

Derasnya arus budaya luar yang masuk ke dalam kebudayaan Indonesia membuat rasa nasionalime dan rasa bangga akan Indonesia semakin menurun.

Citizen6, Jakarta: Derasnya arus budaya luar yang masuk ke dalam kebudayaan Indonesia membuat rasa nasionalime dan rasa bangga akan Indonesia semakin menurun di kalangan para remaja. Menjamurnya kebudayaan luar seperti musik  J-pop,  K-pop, dan banyak lagi membuat para remaja bangga terhadap negara lain ketimbang negaranya sendiri.

Tak hanya aliran musik luar saja yang menjamur, masih banyak lagi  faktor yang mempengaruhi memudarnya rasa bangga terhadap indonesia. Lebih miris lagi banyak dari para remaja hebat Indonesia membandingkan negara-negara idolanya seperti jepang dan korea  dengan Indonesia dan bahkan menyudutkan Indonesia yang terkesan negara yang tidak bisa apa-apa.  

"Hey guys wake up. Ayo kita lihat lebih dalam tentang prestasi-prestasi indonesia yang spektakuler dan akan membuatmu tercengang.  Setelah membaca artikel ini kayanya kalian akan berpikir ulang untuk meremehkan sang saka merah putih," ungkap Heru, faunder Komunitas Anak Muda Peduli Indonesia.

Heru pun juga menyampaikan pesannya buat para movie lover. Berapa kali dalam minggu ini menonton film Indonesia? Sebagian mungkin berpikir, film-film Indonesia kurang bermutu dan begitu-gitu saja. Tapi tahukah kalian, beberapa film ini telah membuktikan eksistensi kualitas film kita tak kalah hebatnya dengan negara lain. Seperti  film The raid yang menduduki posisi 11 film yang paling sering ditonton di Amerika dan masuk box office amerika, the witness yang merupakan film Indonesia pertama yang di tayangkan di sana secara komersil. Film animasi Indonesia pertama ini dikerjakan lebih dari 100 animator indonesia.

Lalu ada film Laskar Pelangi yang serentak ditanyangkan di beberapa negara seperti Spanyol, Namibia, Italia, Hongkong, Singapura, Jerman, dan Amerika.  Masih banyak lagi film-film hebat Indonesia yang berkibar di dunia.  Siapa yang tidak tahu film Pasific Rim, film mengenai robot-robot yang menyerang pasukan angkatan laut Amerika? Tahukah kamu di balik kesuksesan film ini terselip seorang animator hebat Indonesia yang berperan penting dalam pembuatan film ini.  Adalah Ronny Gany seorang animatorr muda Indonesia yang juga menggarap full the avenger pada 2012.

Siapa yang tidak tahu anime Jepang seperti naruto, one piece, samurai x dan masih banyak lagi anime Jepang yang membius para remaja Indonesia dengan grafis yang hebat? Tapi tahukah kamu manga buatan Indonesia berjudul "lima menit sebelum siaran" mendapatkan penghargaan silver pada ajang international manga award ke-6 di Jepang. Manga karya Muhamad Fathanatul Haq dan Ockto Baringbing ini memukau juri pada festival manga internasional. Mereka mengartakan manga Indonesia ini sangat kreatif dan sangat lucu.Jurinya saja bangga, kalian juga harus bangga dengan anime indonesia ini.

Kalian pasti tahu dengan penyanyi-penyanyi internasional seperti Jason Mraz, Beyonce, Lorde, Bruno Mars, dan lain-lain. Selain memiliki wajah yang menawan mereka juga memiliki suara yang fantastis. Pertanyaannya, apakah Indonesia punya penyanyi dengan suara emas seperti mereka? Jawabanya adalah "YA".  Beberapa penyanyi indonesia ini berhasil mengharumkan nama indonesia di mata dunia seperti penyanyi Anggun C Sasmi. Suaranya yang menawan memukai para penikmat musik di seluruh dunia dengan hits andalannya "snow on the sahara" yang menyabet penghargaan Diamondd Export Award dan berhasil menjual 1,5 juta keping di dunia. Ini menjadikannya penyanyi asal asia yang dengan penjualan album terbanyak di dunia.  

Selain Anggun, yang tak kalah hebat adalah Agnes Monica, yang baru-baru ini merilis single internasional berjudul "coke bottle". Penyanyi cantik ini mendapatkankan penghargaan asia song festival di Seoul, Korea Selatan dan menjadi nominasi untuk Euroupe Music Award.  

Tak hanya penyanyi solo yang telah mengharumkan nama Indonesia, Band Nidji adalah salah satu grup band yang telah mengibarkan bendera merah putih di dunia. Salah satu lagu milik Nidji berjudul "Liberty And Victory" berhasil menjadi theme song club sepak bola Manchester United dan satu-satunya band di dunia yang diperbolehkan shooting video clip di stadiun Old Trafford.

Sebetunya masih banyak sekali prestasi-prestasi indonesia yang belum kalian ketahui.  So, alasan apa lagi untuk tidak bangga dengan indonesia? (mar)

Penulis
Herus Riswan
Jakarta, heruriswaxxx@gmail.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini