Sukses

Tambah Macet, Pintu Tol Semanggi 1 Ditutup Hanya Sejam

Polda Metro Jaya dan PT Jasa Marga seharusnya melakukan uji coba penutupan pintu masuk Tol Semanggi 1. Namun baru 1 jam, kembali dibuka.

Polda Metro Jaya dan PT Jasa Marga seharusnya melakukan uji coba penutupan pintu masuk Tol Semanggi 1 dari pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB, Senin (16/12/2013). Namun baru 1 jam berlangsung, pintu tol kembali dibuka.

Penutupan pintu masuk Tol Semanggi 1 dilakukan sebagai usaha mengurai kemacetan di salah satu titik terparah di Ibukota. Namun sepertinya penutupan bukan solusi yang bijak untuk mengatasi kemacetan tersebut.

"Sudah kami coba dari pukul 4 sore selama kurang lebih 1 jam tapi dampak dari penutupan tidak nampung," kata Kasat Satwal Polda Metro Jaya AKBP Slamet Widodo saat dimintai keterangan oleh Liputan6.com di pintu tol Semanggi I, Senin (16/12/2013).

Pintu Tol Semanggi 1, lanjut Slamet, dibuka lagi karena kemacetan mengekor sampai Senayan. Namun begitu, ujicoba penutupan Semanggi 1 ini akan terus dilaksanakan dan dievaluasi agar mengurai kemacetan di Semanggi.

Seperti yang telah diketahui ada 3 titik krusial yang berdampak signifikan terhadap kemacetan lalu lintas di kawasan Semanggi, seperti pintu keluar masuk Plaza Semanggi, halte, dan pintu Tol Semanggi 1 itu sendiri. Terlebih lagi Semanggi merupakan titik pertemuan jalur dari berbagai arah seperti Grogol, Senayan, dan Sudirman.

Pintu Tol Semanggi 1 seharusnya ditutup dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Sementara itu, calon pengguna jalan tol bisa masuk melalui gerbang Tol Semanggi 2. Namun, menurut pantauan Liputan6.com, kepadatan lalu lintas di sekitar Semanggi dari arah Grogol sudah terjadi sejak pukul 15.30 meski ujiicoba penutupan pintu masuk Tol Semanggi 1 belum dilaksanakan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini