Sukses

Kematian Mita Diran, DPR Ingatkan Bahaya Laten Minuman Energi

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang membidangi urusan kesehatan Nova Riyanti Yusuf mengingatkan bahaya laten minuman energi terhadap tubuh.

Mita Diran (27), seorang copywriter yang meninggal dunia setelah bekerja 30 jam nonstop. Wakil Ketua Komisi IX DPR yang membidangi urusan ketenagakerjaan dan kesehatan Nova Riyanti Yusuf, menyesalkan peristiwa itu.

"Saya sangat berduka atas wafatnya Mita Diran, seorang pekerja agency yang wafat setelah lembur bekerja selama 30 jam lebih tanpa tidur dan mengonsumsi minuman energi," ujar wanita yang akrab disapa Noriyu ini kepada Liputan6.com, di Jakarta, Senin (16/12/2013).

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, sebelum wafat, Mita sempat mengkonsumsi minuman energi. Karena itu, Noriyu menginatkan kepada masyarakat terkait bahaya laten minuman energi yang dapat membahayakan tubuh manusia.

Akibat musibah itu, Noriyu mengingatkan masyarakat untuk tidak memforsir tubuh dan bekerja terus-menerus. Sebab, tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk beristirahat.

"Selain itu, dugaan bahwa almarhumah mengonsumsi minuman berenergi sebelum wafat, meninggalkan PR besar untuk kita bersama, khususnya stakeholder kesehatan," ungkapnya.

Noriyu juga menjelaskan, minuman yang diminum Mita tersebut telah mendapatkan izin edar dari BPOM, tapi penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan efek buruk yang dapat berujung kematian. "Oleh karena itu, saya mendorong BPOM untuk melakukan sosialisasi terhadap efek samping yang dapat muncul dari penggunaan obat, makanan atau minuman yang berlebihan," tuturnya.

Tak hanya itu, untuk mengetahui efek bahaya dari berlebihan mengonsumsi minuman energi,  Noriyu meminta dilibatkannya sejumlah pihak. "Melibatkan berbagai pihak, termasuk juga BNN, apabila ternyata zat yang terkandung di dalamnya dapat menimbulkan efek tidak lelah dan pastinya adiktif," tandas Noriyu.

Gadis muda bernama Mita Diran tersebut bekerja tak kenal waktu selama tiga hari tanpa tidur. Hal itu diketahui dari twitter terakhir yang ditulisnya pada pukul 05:47 PM Sabtu 14 Desember 2013.

Twitter terakhir Mita Diran tersebut berbunyi:

"30 hours of working and still going strooong," tulis Mita melalui akun Twitternya, @mitdoq.

Sehari setelah menulis di Twitter tersebut, teman-teman di twitternya dikagetkan dengan kabar meninggalnya Mita Diran pada Sabtu 15 Desember 2013. (Adm/Ism)

[Baca: 30 Jam Tak Tidur, Mita Diran si Gadis Copywriter Meninggal Dunia]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.