Sukses

Buntut Bentrokan, Menkumham: 22 Ruang di Lapas Palopo Rusak

Amir juga memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kerusuhan yang terjadi pada Sabtu 15 Desember kemarin itu.

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengklaim suasana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Palopo, Sulawesi Selatan sudah terkendali dan kondusif. Hal itu dipastikan Amir setelah mendapat informasi dari Kepala Lapas Palopo, Sri Pamudji.

"Kalapas melaporkan bahwa Lapas Palopo sudah terkendali dan kondusif," kata Amir di Rumas Dinas Menkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (15/12/2013).

Amir juga memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kerusuhan yang terjadi pada Sabtu 15 Desember kemarin itu. Meski begitu, kerusuhan yang diduga diawali dengan pemukulan terhadap Kalapas oleh seorang narapidana bernama Riti Bin Herman itu, menimbulkan korban luka 4 orang.

"2 dari pihak lapas, yakni Kalapas dan petugas atas nama Abu. Sedangkan dari warga binaan adalah Irwan dan Acil," ujarnya.

Amir menjelaskan lebih jauh, dalam laporannya, Kalapas juga menyampaikan bahwa senjata dan amunisi di lapas dalam kondisi aman dan lengkap. Namun begitu, sejumlah fasilitas di lapas rusak akibat amukan narapidana dan tahanan.

"22 Ruang perkantoran mengalami kerusakan. Di antaranya ruang registrasi, ruang poliklinik, ruang komandan jaga, ruang kunjungan, gudang senjata, gudang beras, ruang Kalapas," ujar Amir.

Penghuni lapas itu berjumlah 280 warga binaan. Jumlah itu terdiri atas 103 tahanan dan 173 narapidana. "Saat kejadian, kekuatan petugas pengamanan hanya 6 orang," kata Amir yang juga politisi Partai Demokrat ini. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini