Sukses

[VIDEO] Buka Tutup Pintu Tol Dalam Kota Diuji Coba Lusa

Pintu masuk Semanggi 1 ditutup pukul 16.00-20.00 WIB dan di pintu keluar Mampang, Pancoran, Dharmais ditutup pukul 08.00-10.00 WIB.

Bagi Anda yang terbiasa berpergian melalui jalan Tol Dalam Kota, harus mulai terbiasa dengan ditutupnya 1 pintu masuk dan 4 pintu keluar tol mulai Senin 16 Desember lusa. Penutupan ini dilakukan untuk mengurai kemacetan di sejumlah titik di jalan utama Ibukota.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (14/12/2013), sejumlah pengumuman terkait ditutupnya 1 pintu masuk dan 3 pintu keluar tol di Jalan Tol Dalam Kota mulai terpampang. Kebijakan untuk mengurai kemacetan yang semakin semrawut di Jakarta dilakukan mulai Senin.

Pintu Tol Dalam Kota yang diuji coba adalah pintu masuk Tol Semanggi I yang ditutup mulai pukul 16.00-20.00 WIB. Sedangkan 3 pintu keluar tol yang ditutup mulai pukul 08.00-10.00 WIB adalah pintu keluar Tol Tegal Parang atau Mampang, pintu keluar Tol Pancoran, dan pintu keluar Tol Rumah Sakit Dharmais Slipi.

"Rencananya, Senin akan menguji coba buka tutup pintu masuk dan keluar untuk mengurai kemacetan. Di Semanggi 1, pintu masuk ditutup pukul 16.00-20.00 WIB dan di pintu keluar ditutup sekitar pukul 08.00-10.00 WIB," kata Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Rikwanto.

Sebagian warga Jakarta setuju penutupan ini jika kemacetan bisa dikurangi. Namun mereka mengeluhkan minimnya sosialisasi kebijakan ini.

"Belum tahu, ya kalau memang bisa mengurangi kemacetan nggak apa-apa," kata warga Edi yang kerap keluar masuk Tol Dalam Kota.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya dan pihak jalan tol juga telah menerapkan sistem contraflow di jalan tol atau sistem lawan arah mulai Cawang hingga Kuningan. Namun sistem ini ternyata tetap tidak bisa mengurai kemacetan yang sudah semrawut di Ibukota. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini