Sukses

Mengembangkan Kreativitas Lewat Cosplay

Cosplay dikenal sebagai hobi yang unik karena seorang cosplayer, yaitu orang yang melakukan cosplay menggunakan kostum

Citizen6, Jakarta: Cosplay dikenal sebagai hobi yang unik karena seorang cosplayer, yaitu orang yang melakukan cosplay menggunakan kostum, aksesoris dan riasan wajah seperti yang digunakan oleh karakter dalam anime, manga, film dan video game. Di Indonesia para cosplayer bertemu di event-event khusus cosplay anime dan manga, gelar jepang, bunkasai, pop culture event atau event game.

Cosplay identik dengan karakter Jepang, tetapi banyak juga cosplayer yang mengikuti karakter dari barat atau Eropa bahkan Korea. Cosplay gaya barat biasanya mengikuti karakter superheroes dan komik-komik Amerika dan Eropa. Sementara cosplay gaya Korea biasanya mengikuti gaya berpakaian Boyband atau Girlband yang sekarang sedang sangat booming di Indonesia. Cosplay mengikuti karakter yang ada di budaya Indonesia juga banyak, misalnya cosplay Gatotkaca, Arjuna dan Srikandi sebagai tokoh wayang.

Fungsi cosplay sebagai pengasah kreatifitas. Bayangkan saja seorang cosplayer membuat sendiri kostum dan aksesoris yang mereka gunakan, merias wajah mereka dengan makeup karakter mulai dari yang simpel sampai yang sangat rumit. Mencari bahan untuk kostum yang digunakan, menggambar sketsa kostum lalu menjahitnya, ada yang menggunakan jasa penjahit bahkan menjahit kostum mereka sendiri.

Aksesoris yang cosplayer gunakan juga bermacam-macam, mulai dari senjata, topi atau aksesoris yang digunakan di kepala, wig, armor dan sebagainya. Senjata biasanya mereka membuatnya dengan busa ati, kayu atau logam yang ringan. Sampai seakan-akan senjata itu terlihat seperti sungguhan. Itu lah cosplay. Seorang cosplayer sangat total dalam melakukan persiapannya sebelum berlomba dalam kompetisi cosplay atau sekedar memamerkan costum mereka di depan umum.

Ada juga cosplay original character atau yang disingkat OC. Cosplayer yang menampilkan karakter yang dia desain sendiri. Menurut saya cosplay seperti ini lah yang harus dikembangkan dalam budaya kita. Membuat karakter sendiri menurut imajinasi kita masing-masing. Hal ini akan sangat mengembangkan kreativitas, karena kita tidak mengikuti melainkan membuat. mengasilkan dan menciptakan seorang karakter dari kreativitas kita sendiri. Maka tidak ada salahnya kita mencoba untuk menuangkan ide dan kreasi kita dalam bermain kostum.

Penulis
Dania Mentari Danuza

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.