Sukses

Mantan Ketua Komisi X DPR Bantah Terima Uang Hambalang dari Anas

Mantan Ketua Komisi X DPR Mahyuddin membantah ikut menerima uang Rp 600 juta dari kubu mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Mantan Ketua Komisi X DPR Mahyuddin membantah ikut menerima uang Rp 600 juta dari kubu mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Uang itu diduga diberikan saat Kongres Partai Demokrat 2010 lalu.

"Tidak, saya tidak menerima," kata Mahyuddin usai diperiksa KPK untuk tersangka Anas dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (12/12/2013).

Mengenakan kemeja batik hitam, Mahyuddin mengakui saat pemeriksaan dirinya ditanya seputar Kongres Partai Demokrat 2010. Apalagi dirinya merupakan salah satu tim sukses Anas saat kongres itu.

"(Ditanya) Soal proses dari kongres, saya kan sebagai tim suksesnya," ujarnya.

Namun, dia membantah keras bila disebut menerima uang dari kubu Anas. "Tapi saya memang tidak aktif di timses, apalagi menerima hadiah dari AU, tidak. Itu saja," tampiknya.

"Lagian kan saya nggak ikut kongres. Pembukaannya iya, saya ikut."

Terkait kesaksian terdakwa Deddy Kusdinar dalam sidang di PN Tipikor Jakarta bahwa dirinya menerima uang Rp 600 juta, Mahyuddin meminta hal itu ditelusuri kebenarannya.

"Ya di persidangan kan muncul, tapi itu harus ditelusuri. Anda juga harus telusuri," tukas Mahyuddin. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.