Sukses

Ini 4 Anggota Komisi I DPR yang Dilaporkan ke BK

Sebanyak 4 orang anggota Komisi I DPR dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) karena diduga melecehkan Komisioner KPI.

Sebanyak 4 orang anggota Komisi I DPR dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) karena diduga melecehkan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agatha Lily. Pelecehan tersebut terjadi saat proses uji kelayakan dan kepatutan pada Juli 2013.

Menurut sumber Liputan6.com, 4 nama anggota Komisi I yang dilaporkan ke BK adalah Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat Ramadhan Pohan, Wakil Ketua Komisi I TB Hasanuddin, anggota Komisi I dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Syahfan Badri Sampurno, dan anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar Oheo Sinapoy.

"2 unsur pimpinan, 2 anggota, tapi pengaduan tidak fokus soal pelecehan, ada dianggap pelecehan, ada dianggap Komisi I tidak serius dalam proses ini. Jadi halnya juga klarifikasi terhadap fit and proper," ucap sumber tersebut.

Ketika dikonfirmasi pada Ramadhan Pohan, ia pun membantahnya. "Saya nggak pernah bicara spa, cantik, saat fit and proper. Juga ngga ada nanya saat sesi Lily itu.  Siapa yang bicara, saya juga nggak tahu," bantahnya kepada Liputan6.com.

Ia pun meminta agar diklarifikasi kepada BK DPR. "Bagus jika  diperiksa rekamannya di DPR. Apakah ada atau siapa yang bicara apa saat fit and proper," tutur Ramadhan Pohan.

Sementara itu, TB Hasanuddin juga memberikan klarifikasi. Dia mengaku sudah menghubungi Agatha Lily dan yang bersangkutan tidak merasa terlecehkan.

"Saya ke Lily, dia pun nggak lapor, dia merasa terganggu, saya jamin itu Lily nggak lapor," tandas TB Hasanuddin.

Komnas Perempuan melaporkan ke-4 legislator tersebut, karena pada saat melakukan fit and proper test anggota tersebut menanyakan hal-hal yang tidak substantif dan tidak proporsional kepada Agatha Lily. Contohnya, memuji dan bertanya ke hal-hal pribadi peserta fit and proper test serta menanyakan nomor handphone.

"Ditanya ibu kok cantik? Ada juga (ditanya) hari ini ke spa berapa kali? Ya ditanya begitu. Mungkin karena merasa deket, dan nomer handpone jangan ganti-ganti ya," papar Anggota BK DPR Ali Maschan Moesa.

Namun Ali memuji sikap Komnas Perempuan yang bersedia melaporkan perilaku ke-4 anggota DPR tersebut. "Saya pribadi, ini rasa bagus loh ya, ya untuk kebaikan kami juga," tandas Ali.

Ali menambahkan, jika tak ada halangan pihaknya segera mungkin akan memanggil ke-4 anggota Komisi I tersebut. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.