Sukses

Jokowi Mendadak Jadi Sopir Truk Sampah

"Brummm..." Suara mesin mobil dihidupkan Jokowi. Ia juga sempat membunyikan beberapa kali suara klakson truk tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri acara peresmian pengoperasian 92 truk sampah baru yang berlangsung di lapangan Pulomas, Pulagadung, Jakarta Timur. Sebagai tanda peresmian, Jokowi mengemudikan truk-truk sampah tersebut.

Pantauan Liputan6.com, dengan mengenakan kemeja putih, Jokowi terlebih dahulu mendengarkan pidato yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kebersihan Unu Nurdin yang memaparkan laporan pertanggungjawaban soal truk-tuk tersebut.

Setelah itu, Jokowi kemudian meninjau beberapa truk yang terlihat sudah uzur. Walau mengeluarkan aroma tak sedap dari truk tersebut, Jokowi tetap mendekat mengamati beberapa truk yang telah berusia lebih dari 30 tahun itu.

"Ini sudah 30 tahun belum diganti, nah kalau yang ini juga sudah 25 tahun tapi masih dipakai sampai sekarang," ujar Jokowi sambil menepuk badan truk.

Jokowi pun kemudian menuju ke barisan truk baru yang masih berkilap dan baru saja diresmikan pengoperasiannya. "Nah, truk yang baru ada di sana, kalau yang tadi usianya 30 tahun, yang ini baru 4 hari, masih mulus," kata Jokowi.

Jokowi pun kemudian, melihat-lihat kondisi truk dan bertanya kepada salah seorang petugas mengenai spesifikasi truk itu. Tak berapa lama, Jokowi tiba-tiba membuka pintu truk berukuran besar itu dan langsung mengambil kendali di posisi sopir. Jokowi mendadak menjadi sopir truk sampah.

"Brummm..." suara mesin mobil dihidupkan Jokowi. Ia juga sempat membunyikan beberapa kali suara klakson truk tersebut dan sempat membuat kaget para peserta yang melihat aksinya.

Mantan Waikota Solo ini kemudian menginjakkan gas dan truk pun melaju. Walau hanya menjalankan truk itu sejauh 10 meter, namun aksi Jokowi cukup menghibur para peserta yang hadir.

Wartawan yang melihat kelihaian Jokowi mengemudikan truk itu pun kemudian bertanya apakah Jokowi memang mahir mengemudikan kendaraan berukuran besar itu. Jokowi pun mengaku dirinya memang bisa mengemudikan truk.

"Ya saya bisalah, saya kan punya SIM B1, B2, sampai B4 saya punya semua," canda Jokowi.

Jokowi kemudian turun dari truk dan kembali menjajal truk yang berukuran lebih kecil. Setelah itu, Jokowi mencoba menaiki sebuah motor pengangkut sampah roda tiga yang biasa digunakan mengangkut sampah di perkampungan.

Setelah petugas mengajari cara mengemudikan motor itu, Jokowi menolak mengemudikannya karena tidak mengerti cara menghidupkannya. "Aduh, pusinglah saya, tidak tahu caranya. Saya ndak mau," elak Jokowi.

Kepala Dinas Unu Nurdin mengatakan, 92 truk sampah baru itu didatangkan pada Desember 2013 ini dengan pembeliannya menggunakan e-Catalog oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). (Mut/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini