Sukses

Jokowi: Saya Mau Beli Gitar `Metallica` yang Disita KPK

Jokowi menyatakan ingin membelinya apabila bass tersebut dilelang.

Sejumlah barang mewah hasil gratifikasi dilelang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Ada gitar bass merek Ibanez Artcore AGB 140 dari personel Metallica Robert Trujillo untuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi yang kemudian disita KPK. Tapi bass itu tidak dilelang, hanya untuk dipamerkan.

Mengetahui informasi tersebut, Jokowi menyatakan ingin membelinya apabila gitar bass tersebut dilelang. Sebab ia sangat menginginkan alat musik itu kembali padanya, lantaran sangat spesial, yang ia terima langsung dari grup musik yang diidolakannya sejak remaja.

"Kapan itu lelangnya? Kalau hari ini, saya mau ke sana," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu, (11/12/2013). "Ya mau saya beli lagi itu. Ya sudah, nanti saya masuk (ikut lelang)."

Jokowi pun mengaku belum tahu berapa harga yang dibuka oleh panitia lelang untuk melepas gitarnya tersebut. Namun apabila lelang digelar, ia akan memberi penawaran terendah terlebih dahulu. "Harganya berapa? Kalau dilepas 8,5 juta, saya tawar 9 juta," ujar Jokowi.

Lalu, bagaimana bila ada peserta lelang yang berani membayar jauh lebih mahal dari penawaran Jokowi? Pak Gubernur bakal menaikkan tawarannya. "Kalau ada yang nawar lebih tinggi, saya Rp 10 juta," tandas Jokowi.

Gitar bass tersebut dinyatakan barang gratifikasi oleh KPK pada 7 Mei 2013 setelah diterima Jokowi pada 26 April 2013 di Jakarta. Sayangnya, gitar itu hanya dipajang dan tidak ikut dilelang. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.