Sukses

Curug Nangka, Salah Satu Pesona Wisata Bogor

Bogor merupakan salah satu wilayah yang memiliki berbagai macam objek wisata, seperti Kebun Raya Bogor, Taman Safari Bogor

Citizen6, Bogor: Bogor merupakan salah satu wilayah yang memiliki berbagai macam objek wisata, seperti Kebun Raya Bogor, Taman Safari Bogor, Taman Buah Mekarsari, Taman Bunga, Pemandian Air Panas, Curug, dan lain-lain. Nah, bagi Anda yang bosan dengan keramaian, namun ingin tetap bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang lebih sejuk dan alami, ada baiknya berwisata ke kawasan curug (air terjun), seperti Curug Nangka.

Daya tarik utama Curug Nangka adalah air terjun yang mempunyai 3 tahap, dengan masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 m. Selain Curug Nangka, di sekitar wilayah ini juga terdapat dua buah curug lagi, yaitu Curug Kawung dan Curug Daun. Lokasi dari tiga curug ini antara satu dengan yang lainnya memiliki jarak sekitar 100 m dengan urutan dari bawah yaitu Curug Nangka, lalu Curug Daun dan yang terakhir adalah Curug Kawung.

Lokasi Curug Nangka berada di Desa Warung Loa, Kec. Tamansari, Kab. Bogor, Propinsi Jawa Barat. Berjarak kurang lebihnya sekitar 25 km dari Kota Bogor lewat Ciapus yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 sampai 45 menit menggunakan kendaraan sampai pintu gerbang dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang kurang lebih sekitar 1,5 km. Kondisi jalan untuk menuju curug ini seperti pada umumnya tergolong baik dan dapat dilewati oleh kendaraan roda 4. Saat memasuki wilayah Curug Nangka anda harus membayar Rp.7500 di gerbang pertama dan Rp.2500 di gerbang kedua.

Ketika kaki telah melangkah di lokasi Curug Nangka, keindahan alam yang mempesona seolah menyambut hangat dengan kera-kera liar yang hidup disana dan latar belakang pegunungan yang berhawa sejuk. Beberapa fasilitas yang ada di Curug Nangka mendukung pengunjung yang ingin melakukan berbagai kegiatan seperti ‘hiking’, tempat wisata ini juga bisa digunakan untuk wisata kemah karena di kawasan sini tersedia sebuah area untuk camping ground.

Fasilitas lain yang telah tersedia di dalam tempat wisata ini antara lain pos jaga, pondok kerja, loket karcis, jalan setapak, tempat parkir, MCK, shelter atau gardu pandang tempat duduk, ruang informasi serta tempat sampah. Anda juga akan menjumpai banyak warung-warung yang menjajakan makanan di sekitar kawasan Curug Nangka. Nah, jadi bagi anda yang ingin ‘refreshing’ dari aktifitas sehari-hari, cobalah datang ke Curug Nangka ini. (kw)

Penulis :
Petrus Teguh Kurniawan
Bogor, empirestXXX@gmail.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini