Sukses

Foto Narsis Bareng PM Cantik Denmark, Obama Dikritik

Situs Berita AS, Buzzfeed bahkan menyindir Obama. "Inikah foto selfie paling penting Tahun 2013?"

Ratusan pemimpin dan tokoh dunia berkumpul di Stadion First National Bank (FNB), Johannesburg, Afrika Selatan, untuk memperingati wafatnya mantan Presiden Nelson Mandela.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama hadir didampingi sang istri, Michelle Obama. Di Stadion FNB, Obama duduk di samping Perdana Menteri (PM) Denmark Helle Thorning-Schmidt dan PM Inggris David Cameron. Michelle sang istri ada di sebelah kiri Obama. Sedangkan Thorning-Schmidt dan Cameron duduk di sebelah kanan Obama.

Seperti dimuat Washington Post, Rabu (11/12/2013), alih-alih khidmat mengikuti acara perkabungan Mandela, Obama dan Thorning-Schmidt tampak asyik berfoto selfie atau narsis di bangku stadion. Cameron sempat ikut foto bersama. Ketiganya tampak tersenyum lebar [baca: Obama di Perkabungan Mandela: Salami `Musuh Lama` dan Foto Narsis].

Dalam foto yang tertangkap kamera, Obama juga menyentuh bahu Thorning-Schmidt. Presiden ke-44 AS itu juga sempat membantu PM Denmark itu menggunakan telepon genggam.

Ketika itu, Michelle Obama tampak tak tertarik ikut Obama dan 2 PM negara Eropa itu asyik narsis. The First Lady dengan wajah yang kaku hanya memfokuskan pandangan ke depan melihat para pemimpin dunia menyampaikan penghormatan terakhir pada pahlawan anti-apartheid itu.



Foto narsis Obama, Thorning-Schmidt, dan Cameron mendapat banyak kritik dari sejumlah pihak, terutama di media sosial. Banyak yang menilai foto itu tidak pantas untuk dilakukan pada acara perkabungan Mandela.

"Seharusnya ada moratorium untuk 'selfie' dalam acara mengenang dan pemakaman, bukan?" kicau seorang pengguna Twitter bernama @JeffryHalverson.

Situs Berita AS, Buzzfeed bahkan menyindir Obama. "Inikah foto selfie paling penting Tahun 2013?" tulis Buzzfeed dalam halaman utama portal, seperti dimuat National Post.

Sementara situs berita teknologi, Mashable, menulis begini: "Dear Obama, tolong jangan berfoto narsis di acara perkabungan."

Selain foto narsis, Obama juga sempat bersalaman dengan sejumlah tokoh dunia, seperti Raul Castro, pemimpin Kuba. Kakak Raul, Fidel telah lama dikenal sebagai musuh bebuyutan AS.

Obama juga menyalami Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe dan mencium pipi Presiden Brasil, Dilma Rousseff -- meski sempat muncul ketegangan antar keduanya menyusul terkuaknya aksi mata-mata AS yang dibocorkan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini