Sukses

Pasti Macet, Ahok Usulkan Jalur Khusus Bus ke Bandara Halim

Sejumlah penerbangan di Bandara Soekarno - Hatta mulai tahun depan rencananya akan dipindahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Sejumlah penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mulai tahun depan rencananya akan dipindahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Namun, rencana itu dikhawatirkan dapat semakin menambah kepadatan lalu lintas di kawasan bandara Halim.

Maka, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun berencana menyediakan jalur khusus untuk bus menuju Bandara Halim. Agar bus dan kendaraan pribadi tidak tertumpuk di satu ruas jalan.

"Sekarang macet semua kan. Mau bikin kereta (khusus bandara) saja harus ada waktunya kan, makanya kita harus sterilkan satu jalur. Jadi jalur itu tidak bisa dilintasi. Hanya untuk bus bandara. Mobil pribadi nggak boleh masuk," kata Basuki alias Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (10/12/2013).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengakui, kebijakan tersebut nantinya dapat menimbulkan pro dan kontra. Hanya, menurutnya pemerintah seharusnya berani mengambil keputusan ekstrem, yaitu dengan pakai bahu darurat untuk jalur khusus bus ke bandara.

"Sekarang udah nggak ada pilihan lain kita harus berani. Jadi ambil jalur seperti jalur busway, ada jalur yang stay. Di tol juga seharusnya begitu. Kalau nggak cukup (jalan)," tegas Ahok.

Ia mengatakan, masyarakat yang pro dengan keputusan pemindahan penerbangan komersial jarak pendek ke Bandara Halim, pasti akan setuju dengan kebijakan pengambilan bahu jalan sebagai jalur bus bandara itu. Namun, ketegasan dari pemerintah memang sangat diperlukan.

"Kalau saya bilang sih pasti macet. Kalau nanyain siapa yang salah? Yang salah ya yang merancang puluhan tahun yang lalu. Tapi ya macet itu kan urusan Gubernur dan Wagub," imbuh Ahok. (Ein/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.