Sukses

Detik-detik Terakhir Nelson Mandela di Ujung Ajal

Putri Mandela, Makaziwe menceritakan detik-detik terakhir wafatnya sang ayah.

Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela telah tiada. Tokoh anti-apartheid ini wafat pada Kamis 5 Desember 2013 malam lalu setelah berjuang melawan infeksi paru-paru. Ia berpulang pada usia 95 tahun.

Putri Mandela, Makaziwe menceritakan detik-detik terakhir wafarnya sang ayah. Dia menuturkan, Mandela meninggal dunia dengan cara yang luar biasa. Semua keluarga sudah berkumpul sejak Kamis pagi, sebelum akhirnya Mandela menghembuskan nafas terakhir pada malam harinya.

"Hingga saat-saat terakhir, kami semua berkumpul di samping Mandela. Semua cucu lengkap. Ada semua. Kami duduk di sampingnya seharian penuh," ujar Makaziwe dalam wawancara khusus kepada BBC, Selasa (10/12/2013).

Menurut dia, saat itulah, waktu yang sangat indah bagi Mandela. Lantaran semua anggota keluarga berkumpul untuk mendampingi di ujung ajalnya.

"Memang dokter sudah bilang sejak pagi, ada tanda-tanda. Dan meminta aku untuk mengumpulkan semua anggota keluarga. Makanya kami kumpul sejak pagi," ungkap Makaziwe.

"Dokter bilang, ada baiknya berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal."

Pada momen tersebut, semua keluarga memenuhi kamar Mandela. Sunyi dan melakukan ritual keluarga hingga akhirnya Mandela meninggal dunia. "Pada detik-detik terakhir, kami semua diam dan melakukan ritual," ujar Makaziwe.

"Aku selalu ingin berada di sampingnya (Mandela). Dan terus berharap ia tetap ada esok hari," imbuh dia.

Hari ini, para pemimpin dunia berkumpul pada Peringatan Kematian Mandela di Stadion Soweto, Afrika Selatan. Sejumlah petinggi negara hadir, seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Francois Hollande dari Perancis, dan Perdana Menteri Inggris David Cameron. [Baca: 59 Kepala Negara Hadiri Pemakaman Nelson Mandela]

Rencananya, mereka akan bergabung dengan sekitar 95 ribu masyarakat Afrika Selatan di Stadion Soweto, di mana Mandela muncul di hadapan publik untuk terakhir kalinya pada Piala Dunia 2010. Mandela yang juga dikenal dengan nama Madiba akan dimakamkan di Pretoria dengan ucara kenegaraan pada Minggu, 15 Desember. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini