Sukses

Ada Teriakan Minta Tolong Saat Jokowi di Waduk Pluit

Sementara itu, Jokowi terus mengamati.

Teriakan minta tolong terdengar dari balik genangan air di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Sementara di pinggir waduk, sesosok tubuh kurus tinggi tengah berdiri bersama kerumunan orang lain. Gubernur DKI Jakarta Jokowi tengah meninjau lokasi, saat seorang warga meminta tolong.

Lalu dengan sigap, dua perahu karet dikerahkan untuk menyelamatkan orang yang terus berteriak minta tolong itu. Dengan segera, perahu mendekat dan si korban berhasil diangkat naik ke atas perahu. Sementara itu, Jokowi terus mengamati. Di atas perahu, korban diberi pertolongan pertama. Air yang sempat tertelan dikeluarkan.

Rupanya, upaya penyelamatan ini hanya simulasi penanganan penanggulangan banjir yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Jokowi berada di sana untuk meninjau simulasi ini. Mantan Walikota Solo bernama lengkap Joko Widodo itu tak ingin kecolongan lagi dalam menghadapi banjir di musim hujan kali ini.

"Jangan cuma apel, sekarang langsung berada di tempat kejadian. Jadi kan bisa tahu apa yang dikerjakan, diorganisasikan, dan distribusikan saat banjir," kata Jokowi di Taman Waduk Pluit, Jakut, Minggu (8/12/2013).

Jokowi menuturkan, pertolongan korban dan bantuan yang akan diberikan kepada korban banjir harus terorganisir, mulai dari pertolongan pertama hingga distribusi makanan. "Evakuasi dan peralatan seperti apa semua diorganisasikan oleh BNPB dalam satu komando," pungkas Jokowi. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Waduk Pluit

Video Terkini