Sukses

Kirab Budaya, Jokowi-Ahok Akan Berkostum ala Pangeran Jayakarta

Pakaiannya merah, mirip pakian prajurit Balakrama, prajurit zaman Kesultanan Jayakarta.

Kirab Budaya sebagai acara puncak dari Pagelaran Agung Keraton Sedunia 2013 akan diselenggarakan Minggu 8 Desember besok, mengitari kawasan Monumen Nasional. Berbagai persiapkan tengah dilakukan untuk menyukseskan perhelatan yang akan menyajikan iring-iringan 80 kereta kerajaan dari keraton nusantara maupun mancanegara itu.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama dikabarkan akan turut dalam rombongan kerajaan dunia tersebut. Lantas kostum apa yang akan dikenakan oleh duet pemimpin ibukota itu?

"Besok saya dengan pak wagub sudah mempersiapkan diri. Termasuk kostumnya juga. Kostumnya konsep Betawi lama. Jayakarta, kira-kira itu," ujar Jokowi di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12/2013).

Namun, ia mengaku sampai hari ini belum melihat secara langsung kostum yang akan digunakan pada kirab budaya besok. Begitu juga dengan Basuki alias Ahok. Sehingga ia tidak dapat menjelaskan dengan detail desain pakaian tersebut, apakah murni pakaian adat atau dimodifikasi.

"Belum. Saya juga belum tahu kostumnya seperti apa. Ada yang mempersiapkan pokoknya. Ide kostumnya? Ya ndak dong saya kan bukan designer, bukan," kata Jokowi sambil tertawa.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budhiman membenarkan jenis pakaian Jokowi dan Ahok yaitu mendekati pakaian zaman kesultanan Jayakarta. Hanya, bahkan dirinya pun mengaku belum mengetahui persis bentuk kostum tersebut.

"Prajurit Balakrama, prajurit zaman Kesultanan Jayakarta. Pakaiannya merah. Jadi kayanya, persis-persis gitu, kali. Saya juga menduga-duga. Tadi aja Pak wagub kepo, tanya saya. Saya sendiri pakai jas pita," kata Arie. (Rmn)

[Baca juga: Gelar Festival Keraton, Jokowi: Warga DKI Jangan ke Mal Tiap Hari]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.