Sukses

Timwas Century: Banyak Prasangka Boediono Cari Amunisi Pemilu

"Banyak prasangka yang muncul jangan-jangan Pak Boediono disuruh mencari amunisi saat pemilu sehingga menjadi wapres," kata Hendrawan.

Kontrovesi pemanggilan Wakil Presiden Boediono oleh Timwas Century DPR terus bergulir. Anggota Timwas Century Hendrawan Supratikno menyebut banyaknya prasangka mengenai Boediono dalam memenangkan Partai Demokrat yang mengusung Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono saat Pilpres 2009.

Hendrawan menuturkan, prasangka yang dimaksud yakni Boediono diminta mencari uang untuk keperluan Pemilu 2009 melalui bailout Bank Century senilai Rp 6,7 triliun.

"Banyak prasangka di luar yang muncul jangan-jangan Pak Boediono disuruh mencari amunisi saat pemilu sehingga dipilih menjadi wapres," kata Hendrawan dalam diskusi bertema 'Duri Dalam Century' di Cikini, Jakarta, Sabtu (7/12/2013).

Politisi PDIP itu juga masih tidak habis pikir dengan ditetapkannya Boediono untuk mendampingi SBY dalam Pilpres 2009. Padahal, banyak nama lain yang dianggap lebih berpengalaman di dunia politik.

"Ada beberapa nama yang muncul di 2009 untuk jadi wapres 2009. Tapi kok yang muncul nama Boediono," kata Hendrawan.

Karena itu, lanjut dia, pemanggilan Boediono oleh Timwas Century dianggap tepat. Setidaknya, pemanggilan ini dapat meredam spekulasi atau prasangka yang muncul di tengah masyarakat.

"Kita ingin mengurangi prasangka politik yang tidak perlu. Salah satunya prasangka seperti Boediono dijadikan amunisi," tandas Hendrawan. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.