Sukses

Disebut `Pengamat Hitam`, Boni Hargens Laporkan Ruhut Sitompul

Boni menyesalkan perkataan Ruhut yang lost control menghina dirinya atas dasar warna kulit.

Perdebatan antara pengamat politik Boni Hargens dengan politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul dalam acara talkshow di salah satu stasiun televisi berujung di meja hukum. Boni melaporkan Ruhut ke Polda Metro Jaya hari ini, karena Ruhut dinilai melakukan tindakan rasis kepada Boni.

"Menurut kami pernyataan dia (Ruhut) rasis," kata Boni di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (6/12/2013).

Boni yang hadir sekitar pukul 14.30 WIB didampingi seorang kuasa hukum tersebut, menyesalkan perkataan Ruhut lost control atau kelewatan menghina dirinya atas dasar warna kulit. Menurut Boni, pejabat publik yang notabene sebagai anggota DPR tidak pantas mengeluarkan kalimat rasis di tempat umum.

"Laporan kali ini hanya sebuah upaya proses hukum dan pembelajaran sosial kepada masyarakat bahwa bertindak rasis itu melawan demokrasi dan tidak bisa dibenarkan oleh konstitusi," jelas Boni.

Menurut Boni, Ruhut telah melanggar UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnik.

Kamis 5 Desember malam kemarin, Ruhut sempat berdebat dengan Boni dalam sebuah talkshow yang bertema terkait kedekatan Bu Pur dengan 'keluarga Cikeas' di salah satu stasiun televisi swasta hingga Ruhut menyebut Boni sebagai pengamat hitam. (Rmn/Ism)

[Baca juga: Dilaporkan Boni Hargens, Ruhut: Dia Memang Pengamat Hitam]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.