Sukses

Pangeran William Dapat Kabar Duka Saat Tonton Film Nelson Mandela

Wafatnya Mandela diumumkan saat Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton duduk di kursi bioskop, menonton fim 'Long Walk to Freedom'.

Kamis malam waktu setempat, para bangsawan Inggris, selebritis, dan anggota keluarga Nelson Mandela menghadiri acara peluncuran film biografi tokoh anti-apartheid itu di bioskop West end, Odeon Leicester Square, London.

Pada saat yang sama, di Afrika Selatan, Presiden Jacob Zuma mengumumkan meninggalnya Mandela. Afrika Selatan, kata dia, telah kehilangan anak bangsa terbaiknya.

Wafatnya Mandela diumumkan saat Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton duduk di kursi bioskop, menonton fim 'Long Walk to Freedom' -- yang didasarkan pada autobiografi Mandela.

Ironisnya, mereka tak menyadari bahwa tokoh yang difilmkan baru saja meninggal dunia. William dan Kate diberitahu soal kabar duka tersebut secara diam-diam oleh salah satu pembantu mereka, sebelum film berakhir.

Setelah keluar dari bioskop, Pangeran William mengaku berduka. "Aku hanya ingin menyatakan, itu adalah berita yang sangat menyedihkan dan tragis," kata dia seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (6/12/2013).

"Kita akan mengenang betapa sosok luar biasa dan inspiratif Nelson Mandela. Simpati dan doa saya untuknya dan keluarga yang ditinggalkan," tambah William.

Wajah William dan Kate terlihat pucat saat menuruni tangga. Sesaat setelah mereka berlalu, para penonton lain berhamburan dari bioskop. Semua diam.

Mayoritas penonton baru tahu kabar wafatnya Mandela, ketika produser film, Anant Singh, bangkit dari duduknya dan mengumumkan kabar duka itu pada akhir film. Sebagian penonton berurai air mata, lainnya terperangah dalam diam.

Salah satu putri Mandela, Zindzi Mandela juga hadir di antara penonton. Tidak jelas apa yang terjadi padanya di dalam bioskop.

Awalnya Zindzi terlihat ceria dan santai saat jalan di atas karpet merah di luar Leicester Square sebelum premier dimulai. "Film ini membuat saya merasa sangat bangga, apa yang keluarga saya lalui dan apa yang dilakukan ayah saya mendapat pengakuan. Ini adalah penghargaan (bagi Mandela)," kata dia sebelum premier.

Zindzi Mandela diberitahu kabar mengenai ayahnya beberapa menit sebelum itu akan dimulai.

Sementara, John Battersby (65), jurnalis Afsel yang mengenal Mandela secara pribadi mengaku mendapat kabar duka tersebut dari putrinya.

"Kelihatannya ia wafat setengah jam sebelum film diputar," kata John, yang juga hadir dalam premier di London. "Ponselku bergetar di kantong, aku langsung bertanya-tanya, 'siapa yang meneleponku di tengah premier film Mandela?' Setelah mendengar kabar itu, diselimuti gelap, aku menangis." (Ein/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.