Sukses

Optimasi FanPage Facebook untuk Bisnis

Untuk sekarang ini, promosi online terutama social media terbukti cukup ampuh

Citizen6, Jakarta: Untuk sekarang ini, promosi online terutama social media terbukti cukup ampuh (Baca: Masihkah Efektif Promosi via Social Media). Memulai promosi di Facebook tidak cukup hanya posting image lalu tag ke teman-teman. Kita bisa menggunakan fanpage Facebook untuk bisnis kita.

Fanpage Facebook adalah halaman khusus pada Facebook yang menyediakan informasi beragam seperti pendidikan, layanan, produk, artis, komunitas dan lainnya. Fanpage Facebook selain dapat menambah banyak teman, fanpage juga efektif baik digunakan sebagai online store maupun konversi trafik ke website.

Berikut beberapa cara optimasi fanpage Facebook untuk meningkatkan engagement kepada customer atau klien kita sekaligus menambah likes dan tentunya konversi penjualan juga meningkat :

1. Gunakan username dan url fanpage yang pendek dan gampang diingat, tentunya ini juga mempermudah pencarian dalam mesin pencari, misalnya Google.

2. Gunakan cover dan profile picture fanpage yang eye-catching, dalam arti enak dilihat, simpel, tidak norak, dan dapat mempromosikan bisnis kita, misal promo atau event-event tertentu.

3. Gunakan landing atau welcome page yang menarik pegunjung untuk 'likes' fanpage Anda, misalnya design dengan promo tertentu.

4. Maksimalkan penggunaan tab, misalnya pasang tab untuk Twitter, quiz, dan lain-lain.

5. Masukan detail website, twitter, dan contact lain di short description Fanpage.

6. Gunakan kontes dan polling untuk memperbanyak fans dan likes.

7. Beri reward untuk fans aktif, misal fans of the week, dab lain-lain.

8. Jangkau lebih banyak orang dengan iklan berbayar, misal promoted post, get more likes, facebook ads (sponsor sebelah kanan) maupun ads di newsfeed.

9. Dari semua cara di atas, yang paling penting adalah update posting/konten secara rutin.

Akan percuma rasanya jika optimasi fanpage tidak dibarengi update posting secara reguler. Untuk konten, kita harus ingat tidak semua orang suka dengan hal-hal yang sifatnya direct sells produk kita, akan lebih baik kita posting sesuatu yang sifatnya soft sells, misalnya general knowledge, sesuatu yang lucu, menyapa fans, dan lain-lain. Perlu diingat, apabila posting sifatnya membosankan, menjual produk terus, atau cenderung spam, orang akan cenderung 'un-like' Fanpage Anda.

10. Tambahin hashtag pada postingan untuk mempermudah indeks dalam pencarian, pengelompokan konten, branding, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat. (Alpen Prima Yaputra/mar)

Alpen Prima Yaputra adalah pewarta warga dan seorang Search Engine Marketing di Liputan6.com dan pengamat social media, yang bisa dihubungi di blog http://alpz.wordpress.com.

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.


Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.