Sukses

Jadi Wirausahawan Sukses Berkat Internet

Minimnya lapangan kerja di zaman modern ini membuat sebagian orang ingin membuka lapangan pekerjaan secara mandiri atau berwirausaha.

Citizen6, Semarang: Sebagian orang bercita-cita  ingin membuka lapangan pekerjaan secara mandiri atau berwirausaha. Namun dalam berwirausaha banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk tentang akses internet untuk menunjang usaha dan kerja mandiri.

Tidak sedikit orang yang telah gagal dalam berwirausaha, dikarenakan mereka tidak mampu memanfaatkan media, terutama internet dalam usaha mereka. Oleh karena kesadaran akan hal tersebut, Forum Keluarga Mahasiswa Muslim (FKMM) Rohis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro mengadakan sebuah acara seminar 'Talkshow FKMM Rohis FISIP UNDIP with Smartfren & Seluler'.

Acara yang diselenggarakan pada Rabu 4 November 2013 sekitar pukul 08.00 – 12.30 WIB ini bertempat di Auditorium lantai 3 gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan dipimpin oleh beberapa pembicara. Antara lain Haryo Adjie Nogoseno, seorang managing editor selular, Budi Sutria, seorang Batixhost founder & freelance IT solution, dan Tony H Sitanggo, head of regional network center.

Acara ini diikuti oleh sebagian mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) dari berbagai jurusan. Dengan adanya acara ini, diharapkan para peserta seminar bisa menjadi lebih kritis, tekun, dan memiliki motivasi yang semakin kuat untuk berwirausaha dengan memanfaatkan berbagai media terutama internet. Karena dengan internet menggali banyak informasi yang bisa digali dan menunjang usaha.

Dalam acara ini, selain penjelasan tentang pentingnya 'niat' dalam dunia wirausaha, para pembicara juga menekankan 'passion' dalam wirausaha.

"Semua tergantung passion Anda. Jika Anda memiliki passion di bidang ini, Anda tidak akan terlalu direpotkan dengan beberapa masalah yang datang, karena dengan passion yang kuat, Anda tidak akan sedih jika Anda gagal. Anda malah akan menjadi lebih kritis dan mencari cara agar sukses," kata Haryo Adjie, salah seorang pembicara dari acara tersebut.

Para pembicara lainnya juga menjelaskan tentang apa saja yang sebaiknya dilakukan dalam pemanfaatan media terutama internet. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara ini. Lewat acara ini para pembicara percaya, para peserta dan generasi muda Undip yang terlibat bisa mengaplikasikan penjelasan-penjelasan dan berbagai pengalaman baik para pembicara. (Petrus Teguh Kurniawan/mar)

Petrus Teguh Kurniawan adalah pewarta warga.

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.