Sukses

Puncak Musim Hujan, Polda Metro Bersiap Hadapi Banjir

Pihak kepolisian bersiaga menghadapi musim penghujan yang diperkirakan berdampak banjir di DKI Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Eko Bayuseno mengecek peralatan pertolongan dalam evakuasi banjir. Hal ini sebagai bentuk kesiagaan kepolisian menghadapi musim hujan yang diperkirakan berdampak banjir di DKI Jakarta.

"Pada tahun-tahun yang lalu, Desember hingga Februari ada kemungkinan terjadi banjir. Karena itu, saya memerintahkan para pejabat utama untuk melakukan pengecekan terkait peralatan bantu terhadap masyarakat mengatasi banjir terutama pertolongan evakuasi," ujar Putut Eko Bayuseno setelah melakukan pengecekan peralatan di depan Gedung Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Putut mengatakan, dari hasil pengecekan, alat bantu untuk mengatasi dampak banjir belum mencapai 100 persen. Namun, polisi tetap siap membantu pengamanan masyarakat dari banjir.

"Ini belum semua, hanya sampai saat ini saya rasa puas. Hampir 100 persen sudah siap. Anggota Polda Metro Jaya sudah siap pengamanan dan bantu masyarakat saat banjir," jelasnya.

Ketika ditanya apakah ada daerah di Jakarta yang menjadi prioritas dalam penanganan banjir, Kapolda mengatakan, semuanya akan masuk dalam fokus pengontrolan. Sebab, semua daerah di DKI Jakarta berpotensi banjir.

"Pemetaan wilayah banjir pada dasarnya sama dengan tahun lalu, daerah banjir kita antisipasi. Hampir semua DKI Jakarta ada," jelasnya.

Putut menjelaskan, bila terjadi banjir, pihak Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, TNI, dan Tim SAR yang tergabung dalam suatu tugas kemanusiaan seperti tahun-tahun lalu.

"Sejak dari dulu kita koordinasi harmonis dalam masalah banjir terutama dengan Pemda, TNI, Tim SAR. Kami bergabung melaksanakan tugas kemanusiaan," ucap Putut. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini