Sukses

Rahasia Nyali Jokowi Hadapi Masalah Ibukota

Jokowi selama ini dikenal suka blusukan, turun ke lapanagan.

Jokowi selama ini dikenal suka blusukan, turun ke lapanagan. Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu memang punya nyali mendatangi warga dan kemudian memutuskan sebuah kebijakan. Lantas, dari mana nyali Jokowi itu?

"Belinya? Pertama di pasar dan kedua di kampung. Kalau kita ke pasar dan tahu masalah detil,  kita tahu masalahnya detil di kampung, problemnya riil, kita akan berani mau putuskan apa," kata Jokowi dalam seminar tentang Kepemimpinan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Menurut mantan Walikota Solo itu, blusukan merupakan cara untuk melihat kondisi masyarakat secara langsung. Cara itu membuatnya yakin untuk menentukan suatu kebijakan karena suah tahu langsung permasalahan rakyat, tanapa melalui perantara.

"Kalau ngawang-ngawang nggak akan mungkin berani ke sini. Yang kedua, nggak ada kepentingan apa-apa," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga memaparkan sejumlah masalah Ibukota, mulai pendidikan, kesehatan, transportasi, hingga banjir. Untuk masalah pendidikan dan kesehatan, Pemprov DKI sudah melunjurkan Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Jakarta Sehat.

Untuk kemacetan, Jokowi sudah meneruskan pembangunan mass rapid transit (MRT). Sedangkan untuk menanggulangi banjir di Jakarta, Jokowi merevitalisasi sejumlah waduk dan sungai.

"Saya paling senang sebetulnya bukan di lapangan, tapi mendekati masalah, mendengar rakyat," tutur Jokowi. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.