Sukses

Saksi SKK Migas: Hubungan Rudi-Bos Kernel Oil Buat Istana Tenang

Petinggi PT Kernel Oil, Widodo Ratanachaitong memiliki hubungan dengan pihak Istana.

Tersangka kasus suap di lingkungan SKK Migas Devi Ardi mengungkapkan, petinggi PT Kernel Oil, Widodo Ratanachaitong pernah menceritakan kepadanya mengenai hubungannya dengan sejumlah pejabat di Indonesia. Di antaranya adalah, lingkaran istana seperti Sekretaris Kabinet Dipo Alam dan putra Presiden SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono.

"Dari keterangan yang disampaikan Widodo ke saya, dia main di SKK Migas. Ada 7 perusahaan, ada jaringan ke Istana, DPR, dan Dipo Alam," ujar Devi Ardi saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta dengan terdakwa Simon Gunawan Tanjaya, Kamis (28/11/2013).

Devi Ardi mengatakan, Widodo saat itu menjelaskan, sebagai Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini harus menjalin hubungan baik dengan Widodo. Karena, hal tersebut dapat membuat pihak istana tenang.

"Kalau Rudi berhubungan dengan Widodo, buat Ibas dan Istana tenang," kata Devi Ardi menirukan pernyataan Widodo.

Namun, Devi Ardi tidak merinci maksud pernyataan Widodo mengenai hal yang membuat istana tenang.

Dalam kesaksiannya, Devi Ardi juga mengaku pernah diminta Rudi untuk bertemu sejumlah orang termasuk pejabat SKK Migas. Dia pun beberapa kali dititipi uang untuk Rudi Rubiandini. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.