Sukses

Pengemis di Jakarta Bawa Uang Rp 25 Juta di Dalam Gerobak

Uang-uang milik Walang itu disimpan di dalam kantong plastik warna hitam yang sudah kumal.

Dua pengemis, Walang bin Kilon (54) dan Sa`aran (60), ditangkap oleh petugas Suku Dinas Jakarta Selatan. Yang mengejutkan, petugas menemukan uang Rp 25 juta lebih dari tas Walang.

"Mereka kami bawa saat mengemis di Pancoran," kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan Abdul Rahman Anwar saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Uang-uang milik Walang itu disimpan di dalam kantong plastik warna hitam yang sudah kumal. kantong-kantong plastik itu diletakkan di gerobak. Saat dibuka, plastik-plastik kumal itu ternyata berisi uang jutaan rupiah.

"Ada beberapa plastik. Plastik pertama kita buka ada uang Rp 7 juta. Lalu plastik lainnya juga ada uang, dengan total keseluruhan Rp 25.448.600," tutur Rahman.

Rahman menamabahkan, saat diperiksa Walang yang berasal dari Subang, Jawa Barat, itu mengaku uang-uang itu didapat dari praktik mengemis di Ibukota.

"Kalau dari pengakuannya, uang itu semua dari mengemis. Namun itu pengakuan sementara, biasanya keterangan mereka berubah lagi jika diperiksa di panti. Tapi waktu kami periksa mengakunya ya diperoleh dari mengemis itu," tutur Rahman. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.