Sukses

Ledakan di Dekat Pembangkit Nuklir Kontroversial India, 6 Tewas

Polisi menginvestigasi apakah ledakan di desa pesisir pada Selasa malam itu terkait dengan protes terhadap PLTN.

Enam orang tewas dalam ledakan dekat pembangkit listrik tenaga nuklir di negara bagian Tamil Nadu, India.

Sementara, 3 orang lainnya terluka saat bom buatan rumah tak sengaja meledak tak jauh dari PLTN Kudankulam yang mulai beroperasi Oktober lalu.

PLTN beroperasi di tengah kontroversi. Para penentang khawatir karena Kudankulam terletak di pesisir yang diterjang tsunami pada 2004. Mereka cemas tragedi seperti yang menimpa reaktor nuklir Fukushima di Jepang pada 2011 akan terulang di sana.

Namun, pemerintah bersikukuh, proyek kerjasama India-Rusia punya arti penting untuk memenuhi kebutuhan energi di India yang terus meningkat. Juga demi kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di Negeri Gandhi itu. Alasan lain, "Itu benar-benar aman."

Polisi sedang menginvestigasi apakah ledakan di desa pesisir pada Selasa malam itu terkait dengan protes terhadap PLTN.

"Bom meledak secara tak sengaja di dalam rumah. Enam orang tewas dan 3 lainnya luka parah," kata petugas kepolisian, Vijayendra Bidari, seperti Liputan6.com kutip dari BBC, Rabu (27/11/2013).

Rumah tersebut diduga digunakan sebagai pabrik perakitan bom.

Rekaman televisi menunjukkan, setidaknya 3 rumah hancur di lokasi ledakan di Desa Idinthakarai -- tempat sebagian besar penentang PLTN berasal. (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini