Sukses

[VIDEO] Tanggul Penahan Lahar Dingin Gunung Semeru Jebol

Tanggul penahan lahar dingin Gunung Semeru jebol sepajang 30 meter. Jika kondisi itu dibiarkan, warga Desa Gesang terancam keselamatannya.

Tanggul penahan di Desa Gesang, Lumajang, Jawa Timur, jebol akibat diterjang lahar dingin Gunung Semeru. Jika tanggul itu tidak segera diperbaiki, lahar dingin bisa mengancam keselamatan warga di 3 desa.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (27/11/2013) lahar dingin dari Gunung Semeru menjebol tanggul penahan lahar dingin di Desa Gesang. Tanggul aliran Sungai Mujur ini jebol sepanjang 30 meter.

Gunung semeru mulai mengeluarkan lahar dingin akibat hujan deras di puncak gunung dalam beberapa hari terakhir. Ketinggian air di sejumlah sungai yang dialiri lahar dingin juga mulai meninggi.

Bila tak segera diperbaiki, lahar dingin bisa sewaktu-waktu mengancam warga desa, seiring curah hujan yang semakin tinggi. (Don/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.