Sukses

Novi Amelia Pakai KJS, Jokowi: Model Belum Tentu Mampu

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengaku tidak mengetahui sosok Novi Amelia (25), tersangka kasus kecelakaan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengaku tidak mengetahui sosok Novi Amelia (25), tersangka kasus kecelakaan yang kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur.

Namun, mengenai pemberian Kartu Jakarta Sehat (KJS) kepada Novi yang notabene berprofesi sebagai model, Jokowi mengatakan pasti memiliki alasan tertentu. Bisa saja walaupun seorang model, ia sudah tidak memiliki kemampuan finansial yang baik.

"Saya enggak kenal. Tapi belum tentu dia mampu. Kalau model juga belum tentu mampu," kata di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Mantan walikota Surakarta itu mengatakan, soal pantas tidaknya seorang warga DKI mendapatkan kemudian menggunakan KJS, merupakan wewenang Kepala Dinas Kesehatan. Sehingga, ia tidak dapat berkomentar lebih jauh.

"Memberi KJS itu pasti ada alasannya. Dicek ke Ibu Dien Emmawati (Kadinkes)," kata Jokowi.

Tim pengacara Novi kebingungan terkait tagihan perawatan Novi di RSKO karena belum jelas, siapa yang akan membiayai perawatan terdakwa kasus kecelakaan lalu lintas itu. Sementara tim kuasa hukum tidak berwenang untuk membiayai perawatan Novi.

Seharusnya, pihak keluarga yang mengurus dan membiayai pengobatannya. Namun selama ini Novi itu menjalani perawatan di RSKO dengan memanfaatkan KJS yang diperuntukkan bagi warga miskin dan rentan miskin. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.