Sukses

Menteri Jero Wacik Diperiksa KPK untuk Kasus Suap SKK Migas

KPK menjadwalkan memeriksa Menteri ESDM Jero Wacik terkait kasus dugaan suap di SKK Migas.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, hari ini. Pemeriksaan terhadap Jero terkait kasus dugaan suap di lingkungan Satuan Kerja Khusus Pengendali Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas).

Jero yang juga politisi Partai Demokrat ini akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. "Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk RR (Rudi Rubiandini)," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Infomasi KPK, Priharsa Nugraha di Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Sebagai Menteri ESDM, nama Jero Wacik sering disebut dalam kasus suap Rudi Rubiandini. Saat penggeledahan ruang kerja Sekjen ESDM Waryono Karno, penyidik KPK menemukan uang US$ 200 ribu. Selain itu, penyidik juga menemukan daftar nama pemberi dan penerima suap yang ada bersama duit yang ditemukan.

Jero sebelumnya sudah membantah uang tersebut merupakan uang suap. Ia berdalih, uang yang ditemukan dalam sebuah tas itu merupakan dana operasional Kementerian ESDM.

Selain Jero, pada hari yang sama, KPK juga menjadwalkan memeriksa Herman Afif Kusumo selaku Presidium Masyarakat Pertambangan, Fajri Muzakkir selaku pegawai Pertamina Pusat, Kairiansyah Salman selaku konsultan PT Auditindo Arin Prima, dan Syarief Maulana yang merupakan pegawai SKK Migas. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini