Sukses

LSI: Tak Ada Partai yang Mau Koalisi dengan Demokrat di 2014

Prediksi ini melihat dari elektabilitas Partai Demokrat yang terus turun dan kurang dikenalnya peserta konvensi capres Partai Demokrat.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi, Partai Demokrat tidak akan laku diajak koalisi oleh partai lain. Prediksi ini melihat dari elektabilitas Partai Demokrat yang terus turun dan kurang dikenalnya peserta konvensi capres Partai Demokrat.

"Diprediksi tidak ada partai yang mau berkoalisi, karena takut capres konvensi Demokrat tak menang dalam Pemilu," kata peneliti LSI Rully Akbar, di Gedung LSI, Jakarta, Minggu (24/11/2013).

Rully pun menggarisbawahi hal ini dapat menjadi tragedi bagi Demokrat pada Pemilu 2014. Sebab, saat mengikuti Pemilu pertama pada 2009, partai tersebut menjadi pemenang tapi pada 2014 mendatang akan kesusahan.

Rully menuturkan alasan partai lain kurang berniat berkoalisi. "Motif utama partai politik adalah berkuasa. Perilaku partai tidak mau kalah," tuturnya.

Survei LSI itu dilakukan pada 12 September sampai 5 Oktober 2013 di 33 Provinsi di Indonesia dengan mengambil sample dari 1.200 responden. Survei ini menggunakan wawancara tatap muka. Metode yang digunakan multistage random sampling, dengan margin of error sebesar 2,9%.

Dari survei, kandidat capres dari partai lain seperti Megawati Soekarnoputri, Aburizal Bakrie, Prabowo Subianto, Joko Widodo, Wiranto, dan Hatta Rajasa memiliki tingkat pengenalan sebesar 70 persen. Sedangkan capres dari Konvensi Demokrat masih di bawah 60%. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini