Sukses

Talangan untuk Century Jadi Rp 6,7 T, Ini Penjelasan Boediono

Semula, dana talangan dianggarkan Rp 630 miliar, kemudian menjadi Rp 2,5 triliun dan akhirnya menjadi Rp 6,7 triliun. Mengapa?

Dana talangan untuk Bank Century terus membengkak. Dari semula hanya sebesar Rp 630 miliar menjadi Rp 2,5 triliun. Jumlah itu terus menggelembung hingga sebesar Rp 6,7 triliun. Bagaimana Boediono sebagai Gubernur Bank Indonesia saat bailout itu terjadi menjelaskan pembengkakan itu?

"Itu terjadi setelah diputuskan diambil alih LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) untuk diselamatkan, LPS menjadi pemegang saham," kata Wapres Boediono saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Sabtu (23/11/2013).

Boediono tidak menjelaskan secara detil mengapa dana talangan itu mengalami pembengkakan sebesar itu. Yang jelas, dia menyebut persoalan itu menjadi urusan antara LPS dengan pengawas Bank Century yang kini bernama Bank Mutiara.

"Setelah itu yang terjadi antara LPS dan pengawas bank. Saya kira di situlah kalau mencari jawaban yang tepat apa yang terjadi ya antara pengawas bank yang sekarang namanya Bank Mutiara dan LPS," tutur Boediono.

Boediono yang saat bailout ini dilakukan menjabat sebagai Gubernur BI diperiksa sejak jam 10.00 WIB sebagai saksi. Dia menjelaskan, apa yang dilakukan itu sudah sesuai dengan prosedur. Bailout sebesar Rp 6,7 triliun itu dilakukan karena kondisi perekonomian memang tengah krisis. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini