Sukses

Boediono Diperiksa di Kantor Wapres? KPK: Tempat Tak Jadi Soal

Sebab yang lebih penting adalah substansi pemeriksaan perkara Bank Century tersebut.

Beredar kabar Boediono diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini di Kantor Wakil Presiden, Jakarta. Mantan Gubernur Bank Indonesia itu kabarnya diperiksa sebagai saksi terkait skandal bailout Bank Century. Namun saat dikonfirmasi, Ketua KPK Abraham Samad mengaku tak tahu kabar tersebut.

"Saya belum tahu soal ini. Tapi siapa pun orang yang dibutuhkan keterangan oleh KPK, akan dilakukan pemeriksaan. Karena semua orang sama kedudukannya di hadapan hukum," kata Samad dalam acara Rapimnas Partai Golkar di Hotel JW Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/11/2013).

Oleh sebab itu, dia akan memastikan dulu apakah benar hari ini ada pemeriksaan Boediono terkait skandal bailout Century yang menghabiskan uang negara Rp 6,7 triliun itu. "Saya baru dengar dari Anda. Kalau misalkan benar terjadi, saya tanya ke Deputi Penindakan dulu," ujar dia.

Menurut Samad, soal tempat pemeriksaan tidak menjadi masalah apakah Boediono diperiksa di kantornya atau di tempat lain. Sebab yang lebih penting adalah substansi pemeriksaan perkara tersebut.

"Yang jelas, tempat itu tidak menjadi persoalan, yang penting substansi dari persoalan itu. Kemarin Sri Mulyani (mantan Menkeu) diperiksa di Amerika. Kemarin Pak JK (mantan Wapres Jusuf Kalla) juga dikasih pilihan apakah di rumah atau kantor KPK, tapi kemudian Pak JK usulkan agar tetap diperiksa KPK. Karena ini untuk memperlancar penyidikan," jelas dia.

Samad juga memastikan nantinya Boediono akan diperiksa sebagai saksi atas kasus bailout Bank Century. "Pasti diperiksa sebagai saksi, sebagai mantan Gubenur BI," ucap Samad. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini