Sukses

[VIDEO] Warga Dilarang Aktivitas Radius 3 Km dari Gunung Sinabung

Untuk sementara akses menuju desa-desa di kaki Gunung Sinabung ditutup dan warga dilarang beraktivas dalam radius 3 kilometer.

Akses jalan desa menuju kaki Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara, ditutup total. Langkah ini sebagai antisipasi, mengingat kawasan pemukiman rawan awan panas dan lahar dingin akibat letusan Gunung Sinabung yang sangat membahayakan jiwa penduduk.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (22/11/2013), sejumlah aparat keamanan TNI-Polri berjaga-jaga di mulut desa terdekat dengan Gunung Sinabung. Petugas pun menegur sejumlah warga yangn ingin masuk ke desa. Hal ini dilakukan lantaran akses menuju sejumlah desa di kaki Sinabung ditutup terhitung hari ini. Warga dilarang beraktivitas dalam radius 3 kilometer dari Gunung Sinabung.

Pemberitahuan juga disampaikan dengan memasang spanduk bertuliskan kawasan rawan awan panas dan lahar dingin. Kebijakan ini diambil pemerintah daerah setempat untuk keselamatan warga, terutama yang bermukim di kaki Sinabung. Karena lahar dingin dan awan panas berpotensi melintasi desa-desa di sekitar kaki Gunung Sinabung. Sebelum langkah ini diambil, masih banyak warga beraktivitas di kebun.

"Untuk sementara akses menuju desa-desa di kaki Gunung Sinabung ditutup dan warga dilarang beraktivas dalam radius 3 kilometer. Ini untuk keselamatan warga," kata Camat Cipayung, Tanah Karo, Toni Sembiring.

Petugas gabungan dan jajaran muspida Tanah Karo secara rutin menyisir seluruh sudut kawasan permukiman guna memastikan tidak ada lagi satu pun warga yang berada di lokasi.

Sementara dalam perkembangan aktivitas Gunung Sinabung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih menetapkan status Siaga III. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini