Sukses

Sekjen Beber 2 Nama Kandidat Capres PDIP

Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo mengungkapkan, ada 5 nama yang muncul untuk dijagokan sebagai capres PDIP.

Meski parpol lain sudah mendeklarasikan capres, tidak demikian dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hingga saat ini, partai berlambang moncong putih itu belum menentukan siapa tokoh yang bakal diusung sebagai capres.

Walau demikian, Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo mengungkapkan, ada 5 nama yang muncul untuk dijagokan sebagai capres PDIP. Dua di antaranya adalah Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri.

"Pak Jokowi dan Bu Mega," ujar Tjahjo usai membuka rapat kerja daerah PDIP Provinsi Kepulauan Riau di Batam, Sabtu (16/11/2013).

Meski begitu, Tjahjo menyatakan, partainya belum mau mengerucutkan nama yang akan diusung dalam Pilpres 2014. "Perlu kesabaran revolusioner. Harus hati-hati. Jangan tergesa-gesa mengumumkan," kata dia.

Tjahjo mengaku khawatir jika mengumumkan capres terlalu dini, maka calonnnya akan menjadi sasaran tembak partai lain, seperti yang terjadi pada Jokowi. "Tidak tanggung-tanggung, Presiden juga," katanya.

Dia menambahkan, Megawati selaku Ketua Umum PDIP yang akan menentukan siapa yang akan menjadi capres pada Pilpres 2014. "Diserahkan kepada ketua umum," demikian Tjahjo Kumolo.

Berdasarkan survei Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) yang dirilis akhir Oktober 2013 lalu, ada 5 nama yang dinilai layak sebagai capres PDIP, yaitu Joko Widodo, Megawati Sukarnoputri, Guruh Sukarnoputra, Pramono Anung, dan Puan Maharani.

Selain 5 nama tersebut, publik juga mengusulkan nama lain seperti Tjahjo Kumolo, Rieke Diah Pitaloka, dan Budiman Sudjatmiko dengan suara di bawah 1%. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.