Sukses

Massa Geruduk Acara Peringatan Asyura Kaum Syiah di Kelapa Gading

Mereka menolak peringatan Asyura yang digelar oleh kelompok Syiah.

Ratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Sunnah untuk kehormatan Keluarga dan Sahabat Nabi menggeruduk Balai Samudra di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Di gedung itu, ribuan pengikut Syiah tengah melakukan peringatan Asyura.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (14/11/2013), ratusan orang itu melakukan long march dari Masjid Al-Musyawaroh Gading. Mereka berlari-lari kecil menuju Jalan Boulevard Barat, di depan Balai Samudra, sambil memekik Allahu Akbar!

Di Jalan Boulevard Barat itu, mereka berorasi. Mereka menolak peringatan Asyura yang digelar oleh kelompok Syiah.  "Jangan sampai terjadi huru-hara seperti di Iran," teriak orator di atas truk komando.

Akibat aksi ini, arus lalu lintas menjadi terganggu. Kemacetan mengular hingga 3 kilometer hingga ke Jalan Boulevard Raya. Sementara, pengikut Syiah masih memperingati Asyura di Balai Samudra.

Hari Asyura merupakan hari ke-10 pada bulan Muharram dalam kalender Islam. Tanggal ini mernjai hari penting bagi kelompok Syiah terkait meninggalnya Husain bin Ali, cucu Nabi Muhammad, dalam pertempuran di Karbala, Iraq.  (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini