Sukses

Ruhut: Aku Diperiksa KPK Besok, Setelah Itu `Jumat Keramat` Anas

"Berkas Anas ini kan mau selesai. Hari ini Sutan (Bhatoegana), besok aku," kata Ruhut.

Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Ruhut Sitompul terkait dugaan aliran dana proyek Hambalang. Politisi Demokrat itu akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anas Urbaningrum.

"Berkas Anas ini kan mau selesai. Hari ini Sutan (Bhatoegana), besok aku. Semua yang bagi-bagi duit dan yang nerima dipanggil. Ramadhan (Pohan) sudah, Umar Arsal, semua yang ada kaitannya sudah dipanggil semua," kata Ruhut saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Memang, sejumlah politisi Demokrat telah dipanggil oleh KPK untuk diperiksa sebagai saksi kasus Hambalang. Hari ini, KPK memeriksa Sutan Bhatoegana sebagai saksi dalam kasus tersebut. Ruhut, menunggu giliran diperiksa.

Ruhut juga mengaku optimistis Anas dipanggil KPK pada Jumat lusa. Hari itu diklaim Ruhut menjadi Jumat yang buruk untuk Anas. "Berarti sudah mau selesai berkasnya. Kalau dia (Anas) dipanggil hari Jumat bisa jadi Jumat keramat. Aku mestinya Jumat (diperiksa KPK sebagai saksi), tapi KPK minta dipercepat dan besok akhirnya," tukas Ruhut.

Anas menjadi tersangka kasus Hambalang. Mantan Ketua Umum Demokrat itu diduga menerima hadiah terkait proyek Hambalang saat menjadi Ketua Fraksi di DPR.

Selain itu, dalam surat dakwaan terdakwa mantan Kepala Biro Rumah Tangga Kemenpora Deddy Kusdinar, Anas disebut mendapat Rp 2,21 miliar dana Hambalang. Uang itu disebut digunakan untuk pencalonan Anas sebagai Ketua Umum Demokrat dalam Kongres 2010 di Bandung. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.